Siswa MAN 3 Palembang memamerkan robot buatannya.

Siswa MAN 3 Palembang memamerkan robot buatannya.

Jakarta (PENDIS) - Kementerian Agama (Kemenag) RI tengah menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 tingkat nasional, salah satunya ialah ajang Madrasah Young Researchers Super Camp (Myres) 2022.

Diantara peserta yang berpartisipasi ialah MAN 3 Palembang, Muhammad Habibullah turut antusias mengikuti ajang tersebut dengan mengenalkan robotik sebagai salah satu produk madrasah keterampilan.

Habibullah mengatakan, robot robot yang dibuat mempunyai beberapa keahlian seperti boxing, dance, mempromosikan barang, hingga mendeteksi suhu tubuh.

“Salah satu robot kami telah diikutsertakan dalam kompetisi seperti di Bogor dan mendapat juara 2 tingkat nasional, robot ini bertugas sebagai sales yang menawarkan suatu barang, dikerjakan sekitar satu bulan. Pernah juga tingkat internasional mendapatkan juara 1,” terang Habib.

Lebih dari itu, robot lain yang diciptakan bernama Mader (Mask Ditetektor) telah mengikuti kompetisi di Thailand, robot ini bertugas untuk mendeteksi orang yang tidak memakai masker, jadi ketika ada seseorang yg tidak memakai masker robot ini akan menghampiri orang tersebut lalu mengecek suhunya dan mengingatkan untuk memakai masker.

“Terinspirasi karena masa pandemi untuk mengingatkan mematuhi protokol kesehatan," tambahnya. 

Habib mengakui masa pengerjaan robot ini memakan waktu sekitar 2 bulan.

"Rencananya kami akan membuat lagi robot yang versi ke 3,” tambahnya.

Perlu diketahui, MAN 3 Palembang adalah madrasah yang masuk dałam kategori Madrasah Aliyah Keterampilan. Terdapat 5 keterampilan yang diikutsertakan dalam mata pelajaran yaitu keterampilan robotik, tata busana, multimedia, design grafis, dan TKJ.