MAN Babakan Bangun Masjid Senilai 3,3 Milyard Hasil Swadaya

MAN Babakan Bangun Masjid Senilai 3,3 Milyard Hasil Swadaya

Cirebon (Pendis) - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, meresmikan Masjid Annur MAN 2 Kabupaten Cirebon yang berlokasi di Babakan Ciwaringin Cirebon, pada Kamis 27 April 2017. Acara peresmian masjid itu dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Agama, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Sekteraris Menteri, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cirebon, pengasuh pesantren Babakan, komite dan keluarga besar MAN 2, alumni, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Menteri memberikan apreasiasinya yang sangat tinggi kepada keluarga besar MAN 2 Cirebon yang telah membangun masjid itu senilai Rp. 3,3 Milyard. Dana tersebut merupakan hasil swadaya orang tua siswa dan para alumni MAN 2 Cirebon, tanpa menggunakan dana negara. Bahkan, arsitek yang mendesain masjid, tukang bangunan, dan kaligrafernya serta semua yang terlibat dalam pembangunan masjid itu murni dari para alumni dan keluarga besar MAN 2 Cirebon. Seluruh proses pengumpulan dana dan pembangunan masjid dilakukan sekitar 2 tahun . "Tentu ini merupakan kebanggaan kita semua dan sangat patut ditiru oleh lembaga pendidikan lainnya," papar Menteri.

Menteri meminta agar masjid yang dibangun ini benar-benar dapat berfungsi sebagai "tempat sujud" yang mampu memberikan kedamaian bagi jamaahnya. Masjid harus mampu menebarkan pesan-pesan kedamaian dan kebersamaan. Merekatkan perbedaan sehingga menjadi kekuatan. "Saat ini tidak sedikit masjid yang justeru menjadi tempat memprovokasi umat. Mengajarkan anti NKRI, mempersoalkan ideologi negara, membidahkan dan mengkafirkan antar sesama. Itu semua tidak boleh terjadi," papar Menteri.

Di akhir sambutannya, Menteri berpesan "Selesai membangun bangunan masjid sesungguhnya bukanlah telah menyelesaikan sebuah pekerjaan, tetapi justeru baru memulai agar bangunan masjid itu dapat digunakan untuk kegiatan yang produktif dan hal-hal yang lebih baik". (swd/dod)


Tags: