Kepala MAN IC Bateng saat memberikan suara di TPS.

Kepala MAN IC Bateng saat memberikan suara di TPS.

Bangka Tengah (Pendis)—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) menggelar Pemilihan Raya (Pemira) Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Intra Madrasah (OSIM) masa jabatan 2022/2023, Rabu (21/09/2022).

Tiga pasangan calon (paslon) bersaing mendapatkan suara dari seluruh siswa, tenaga pendidik, dan kependidikan MAN IC Bateng. Sebelumnya, ketiga paslon tersebut telah melalui berbagai tahap mulai dari wawancara, penentuan nomor urut, kampanye, dan terakhir debat.

Sebelum pemilihan berlangsung, para paslon berhak memilih tim sukses yang akan melaksanakan kampanye untuk memilih mereka.

Lubna Anfaresi, Ketua OSIM saat ini berharap Pemira berlangsung lancar dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran karena itu adalah modal utama seorang pemimpin.

“Dari awal, saya melihat teman-teman paslon serius dengan Pemira ini. Begitu juga dengan tim sukses yang terus mengampanyekan pilihan mereka. Ini merupakan ajang untuk melatih kami, para siswa agar dapat berdemokrasi dengan damai dan jujur sebagai modal di masa depan,” ujar siswa kelas XII IPA 2 itu.

Kepala MAN Ic Bateng, Musran mengatakan, Pemira merupakan salah satu wujud pelaksanaan demokrasi di lingkungan madrasah.

“Pemira adalah wujud pelaksanaan demokrasi di madrasah. Para siswa berlatih tentang penyelenggaraan pemilihan sekaligus mengasah jiwa kepemimpinan,” katanya saat melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Lebih lanjut ia mengatakan, ketiga paslon adalah siswa terbaik MAN IC Bateng yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi serta berkomitmen untuk memajukan MAN IC Bateng.

“Siapa pun yang terpilih adalah siswa terbaik MAN IC yang tentu saja telah siap mental untuk diasah kepemipinannya dan memberi kontribusi positif bagi kemajuan OSIM dan MAN IC Bateng,” tegasnya.

Tampak di TPS, para siswa dan guru berbondong-bondong memberikan suara secara tertib dalam bilik suara yang telah disediakan. Usai memberikan suara, pemilih diminta untuk mencelupkan jari pada tinta hitam sebagai tanda telah selesai memilih.

 

Sah, Della dan Zhidane Jadi Ketua dan Wakil OSIM MAN IC Bateng

Pasangan Della Conceta dan Muhammad Zhidane Nugraha terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasan Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) berdasarkan hasil penghitungan suara pada Pemilihan Raya (Pemira), Rabu (21/09/2022).

Pasangan tersebut unggul dengan perolehan 140 suara, sedangkan pasangan calon (paslon) 2 mendapatkan 88 suara, dan paslon 3 memperoleh 73 suara.

“Total surat suara 311, 301 sah, dan sisanya tidak sah. Pasangan nomor urut 1 mendapat suara terbanyak dan terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIM masa bakti 2022/2023,” urai Pembina OSIM MAN IC Bateng, Wahyu Saputra.

Guru Matematika MAN IC Bateng itu mengatakan, penghitungan suara dilakukan secara terbuka dan disaksikan oleh tiga saksi pilihan masing-masing paslon dan seluruh pemilih. Hal itu, katanya, untuk menunjukkan bahwa Pemira berlangsung dengan mengedepankan azas kejujuran.

“Kita ingin pemilihan berlangsung fair, jadi penghitungan suara dilaksanakan pada hari yang sama dengan pemungutan agar tidak ada kecurangan. Tentunya kita ingin siswa MAN IC belajar mengutamakan prinsip-prinsip kejujuran.”

Della Conceta, siswa yang terpilih sebagai ketua OSIM mengatakan, ia dan wakil serta tim sukses telah menyusun strategi pemenangan secara matang, mulai dari mempromosikan program-program unggulan, visi misi, dan tentunya persiapan maksimal dalam debat pasangan calon.

“Saya dan Zhidane dibantu oleh kawan-kawan tim sukses telah berupaya maksimal dalam mengikuti pemilihan. Tentu saja, kami juga sudah siap jika tidak terpilih. Namun, ternyata teman-teman dan guru-guru mempercayakan kami untuk mengemban tugas memimpin OSIM,” ucap siswa kelas XI IPS 2 tersebut.

Sementara itu, Ade Alif Misbakhudin dan Azher Zacky yang merupakan pasangan nomor urut dua menerima hasil pemungutan suara dengan lapang dada.

“Kami tentu saja harus berlapang dada dengan hasil penghitungan suara. Kami yakin, Pemira telah berlangsung dengan jujur dan adil sehingga siapa pun yang terpilih memang adalah keinginan rakyat MAN IC Bateng,” ujar Ade Alif.

Senada dengan Ade Alif, pasangan Misbah Muhammad Giani dan Naurah Khaalishah juga menerima keputusan akhir hasil penghitungan suara.

“Kami tidak melihat adanya kecurangan dalam penghitungan suara karena ada perwakilan 3 orang saksi dari tim kami yang hadir di sana. Penghitungan juga dilakukan di hadapan seluruh siswa MAN IC, jadi kami dengan lapang dada menerima keputusan ini,” ujar Misbah didampingin Naurah.

Kepala MAN IC Bateng, Musran berharap kepada pasangan ketua dan wakil ketua terpilih dapat memimpin OSIM dengan sebaik-baiknya tanpa mengenyampingkan tugas utama sebagai pelajar.

“Organisasi hendaknya menjadi wadah untuk menambah ilmu, bukan malah menurunkan prestasi. Oleh karena itu, ketua dan wakil ketua terpilih harus memberi contoh yang baik kepada para siswa lainnya bahwa berorganisasi tidak membuat abai terhadap kewajiban sebagai pelajar,” katanya.

Ia juga mengatakan kepada pasangan yang tidak terpilih agar tidak berkecil hati karena dalam menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam demokrasi dan bukan akhir dari segalanya.

“Selamat kepada pasangan terpilih. Bagi yang belum terpilih, jangan berhenti untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi di MAN IC Bateng karena tidak terpilih menjadi ketua dan wakil OSIM bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan eksistensi siswa MAN IC.”