Kepala MAN IC Bateng saat menerima sertifikat perhargaan Edutax Award dari Kepala KP2KP Bateng.

Kepala MAN IC Bateng saat menerima sertifikat perhargaan Edutax Award dari Kepala KP2KP Bateng.

Bangka Tengah (Pendis)—Sebanyak 20 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) mengikuti kegiatan sosialisasi perpajakan dari Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Bateng pada Rabu (21/09/2022).

Kepala KP2KP Bateng, Henry mengatakan program kegiatan bertajuk “Tax Goes To School” itu merupakan program Direktorat Jendral Pajak (DJP) untuk menyebarluaskan informasi tentang perpajakan kepada generasi muda.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi generasi muda tentang perpajakan yang mana hampir 80 persen pendapatan negara berasal dari pajak,” ujarnya Henry yang baru tiga minggu bertugas di Bateng.

Henry yang sebelumnya bertugas di Maumere itu juga mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat pajak, padahal negara-negara maju sudah menerapkan pajak di semua lini.

“Banyak masyarakat yang mungkin belum memahami manfaat pajak. Pajak yang diterima dari masyarakat digunakan kembali untuk kepentingan masyarakat misalnya membangun infrastruktur. Baru-baru ini saya kembali dari Arab Saudi, ternyata di sana pajak diterapkan di semua bidang,” jelasnya.

Selain membahas tentang pajak, Henry juga mengigatkan siswa MAN IC Bateng untuk senantiasa bersyukur karena menjadi bagian dari MAN IC Bateng, salah satu madrasah terbaik di Indonesia.

“Para siswa MAN IC harus merasa bersyukur dan bangga karena bisa menjadi bagian dari MAN IC Bateng, madrasah yang fasilitasnya lengkap dan megah seperti ini. Dan tentu saja, dibangun dari pajak,” ucapnya sambil tertawa.

Kepala MAN IC Bateng, Musran menyambut baik kedatangan tim sosialisasi KP2KP Bateng yang membagikan ilmu kepada siswa MAN IC.

“Kami merasa bersyukur dan berbahagia karena anak-anak kami mendapatkan ilmu yang baru tentang perpajakan. Dengan adanya sosialisasi ini, anak didik akan mengetahui ke mana mengalirnya pajak yang dibayar oleh masyarakat,” katanya.

Musran meminta kepada peserta sosialisasi agar tidak segan bertanya kepada pemateri, baik tentang perpajakan maupun tentang bagaimana tips masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

“Saat materi berlangsung, silakan bertanya sebanyak-banyaknya kepada pemateri agar benar-benar paham tentang pajak. Boleh juga kalau mau bertanya tentang bagaimana masuk sekolah kedinasan PKN STAN,” ucapnya saat membuka kegiatan.

Dalam kegiatan tersebut, tim sosialisasi dari KP2KP Bateng menyampaikan materi berjudul “Generasi Muda Sadar Pajak Berkreasi Membangun Negeri”. Para siswa diberikan pengetahuan tentang jenis-jenis pajak,besaran pajak, dan manfaat pajak.