Penandatanganan Deklarasi Satuan Pendidikan Ramah Anak di Lampung Timur (22/8/2023)

Penandatanganan Deklarasi Satuan Pendidikan Ramah Anak di Lampung Timur (22/8/2023)

Lampung (Pendis) --- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Indonesia mendeklarasikan Satuan pendidikan Ramah Anak di Lampung Timur, Selasa (22/8/2023) malam.

Deklarasi yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh MAN IC di Indonesia ini merupakan sebuah komitmen untuk mewujudkan Madrasah yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak tertuma dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawaasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

"Ketika sudah dideklarasikan berarti warga madrasah baik guru, kepala madrasah, orang tua harus siap menuju Sekolah Ramah Anak dan memenuhi hak-hak anak seperti tidak ada bullying dan sebagainya," ujar Muhammad Zuhri sebagai Ketua Satgas Satuan Pendidikan Ramah Anak MAN IC Lampung Timur.

MAN IC Lampung sendiri kata dia, saat ini sudah diaudit oleh Kementerian Pemberdyaan Perempuan dan Perlingungan Anak (PPPA) RI pada Mei lalu dan sudah memenuhi standar sebagai satuan pendidikan ramah anak dan mencapai skor 88%.

Dengan deklarasi ini ia menyebutkan semua MAN IC berupaya untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama berada di Madrasah. Untuk menyatakan tentang kesiapan menjadi Madrasah ramah anak yang ada di Indonesia.