Flyer disediakan oleh MAN 2 Kudus

Flyer disediakan oleh MAN 2 Kudus

Kudus (Pendis)- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus Donata Nu’ma Fawaaz Nailah Machfudz, berhasil mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar dan menempuh pendidikan di Amerika selama satu tahun ke depan. Beasiswa tersebut, diselenggarakan oleh  American Field Service (AFS) dan US Departement of State melalui program beasiswa pertukaran pelajar Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (KL-YES) 2022.

Kepala MAN 2 Kudus H. Shofi menjelaskan bahwa rencana anak didik kelas X 1 IPA itu akan berangkat ke negeri paman sam itu pada bulan Agustus mendatang hingga bulan Juni tahun depan di Amerika, “keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dukungan banyak pihak,” kata Shofi di Kudus, Kamis (14/04/2022)

“Wabilkhusus kepada Kepala Program Billingual Class System (BCS) Bahasa Bapak M. Khodrotun Naja yang intensif di dalam melakukan bimbingan dan penjaringan,” Imbuh Shofi. Selai itu, lanjut Kepala Madrasah, bahwa siswa MAN 2 Kudus tidak yang pertama yang lolos dan berangkat ke Amerika.

Shofi menjelaskan, bahwa pada tahap Seleksi kali ini diikuti oleh 36 ribu siswa yang tersebar di Indonesia dan diambil hanya 70 siswa terbaik. “Awalnya ia ikut seleksi regional Jawa Tengah yang diikuti oleh  sekitar 6 ribu siswa, sejak bulan Agustus tahun 2021. Dari Jawa Tengah sendiri hanya 3 yang lolos seleksi Internasional,” terang Shofi.

Sedangkan menurut Donata, ia memberikan tips agar lolos dan bisa berangkat ke Amerika adalah dengan selalu meningkatkan semangat belajar. Mulai memperkaya kemampuan bahasa asing hingga berdoa setiap usai salat subuh, “aku lakukan ini rutin setiap kali usai salat subuh,” kata Donata.

Kepala MAN 2 Kudus melanjutkan bahwa lolosnya siswi pada pertukaran pelajar tahun 2021 ini merupakan keberhasilan program unggulan di BCS sains dibidang bahasa. Sebab, hampir setiap tahun madrasah memberikan dukungan dan mensupport setiap kesempatan agar siswa MAN 2 Kudus mampu bersaing dan meningkat dari tahun ketahun.


Tags: # MAN2Kudus