Tim Robotika MAN 2 Banyumas Juara 1 pada 11th World Robotic for Pease (WRP) 2022

Tim Robotika MAN 2 Banyumas Juara 1 pada 11th World Robotic for Pease (WRP) 2022

Banyumas (Pendis) – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh siswa Madrasah. Kali ini, siswa MAN 2 Banyumas meraih juara 1 dalam 2 kategori pada ajang internasional 11th World Robotic for Pease (WRP) 2022 yang diselenggarakan oleh International Robotic Training and Competition (IRTC) di Universitas Teknologi Malaysia.

Tim Robotik MAN 2 Banyumas berhasil menyabet juara 1 pada 2 kategoti. Pertama, Juara 1 The Best Point pada Robot Line Follower Analog atas nama Faiz Khoirul Fuadi XI MIPA 2 dan Eka Erlangga Putra Syariful Hanan XI MIPA 2. Kedua, Juara 1 Utama pada Robot Soccer IoT atas nama Adan Syahrul Junior XI MIPA 4 Gitara Parasdya Abimanyu XI MIPA 6).

Kedua tim robotik ini dibawah asuhan Toto Prasetyo dan Singgih Hutomo Aji. Kompetisi ini diikuti oleh perwakilan 15 negara. WRP berlangsung pada tanggal 29 November hingga 3 Desember 2022.

Kepala MAN 2 Banyumas Muhamad Siswanto, merasa bangga dan bersyukur atas prestasi spektakuler yang diraih pertama kali MAN 2 Banyumas pada kejuaraan internasional ini.

Ia menyampaikan bahwa di era kini, madrasah harus memiliki daya dorong dan melakukan loncatan dalam kemajuan melalui prestasi-prestasi yang dicapai. Lembaga pendidikan harus senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Agar memiliki daya ungkit atau daya dorong yang kuat, madrasah harus mengubah mindset. Sehingga yang tadinya berjalan biasa-biasa saja, maka dengan percepatan loncatan prestasi yang diraih siswa, menjadi madrasah yang luar biasa,” ucapnya.

Di dunia yang semakin tidak terbatas, siswa harus memiliki jangkauan yang lebih luas, tidak hanya dalam skala regional dan nasional. Melainkan harus melintas, melewati batas menuju go internasional. Sebagaimana capaian luar biasa yang diraih 4 siswa MAN 2 Banyumas di ajang internasional WRP 2022 ini.

 Dia berharap semua civitas akademika bergerak bersatu untuk mencapai itu.

“Momentum kali ini jadikan sebagai momentum bangkitnya madrasah", tegas Siswanto sapaan akrabnya.

Sujono, selaku Kepala Bidang Akademik MAN 2 Banyumas merasa senang dan bangga atas capaian di ajang kompetisi internasional ini.

“Alhamdulillah, saya mewakili seluruh warga madrasah sangat bersyukur atas capaian prestasi siswa pada ajang internasional WRP 2022 di Kuala Lumpur Malaysia. Tentu saja, hal ini menjadi catatan sejarah yang sangat membanggakan bagi MAN 2 Banyumas,” ungkapnya.

"Semoga perjuangan guru pembimbing serta para siswa akan menjadi berkah bagi kita semua, menjadi madrasah yang mandiri berprestasi dan semakin dicintai oleh masyarakat", tambahnya.