Menag Lantik Rektor PTKIN

Menag Lantik Rektor PTKIN

Jakarta (Pendis) – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas melantik Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) dan Pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag), yang bertempat di Ruang OR Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta, Selasa (09/05/2023).

Turut menjadi saksi pada prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan serta penandatanganan berita acara adalah Sekretaris Jenderal, Nizar Ali dan Itjen Kemenag, Faisal.

Hadir pada pelantikan tersebut, Wakil Menag Zainut Tauhid Sa'adi, Staf Ahli, Staf Khusus, pejabat eselon I dan II Sekretariat Jenderal Kemenag serta para pendamping pejabat yang dilantik.

Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam arahannya, meminta kepada pejabat yang dilantik untuk menghadirkan birokrasi yang efektif dan accessible, dengan melakukan langkah-langkah untuk mempercepat proses transformasi layanan publik.

"Gunakan kesempatan jabatan ini untuk menciptakan kebaikan sebanyak-banyaknya. Tak semua orang diberikan kesempatan mengabdi melalui jalur birokrasi. Tunaikan tanggung jawab jabatan ini dengan totalitas melayani masyarakat," pesan Menag.

"Jangan biarkan organisasi ini berjalan apa adanya atau bahkan hanya sekadar menghabiskan anggaran. Itu tak boleh lagi terjadi,” imbuhnya.

Selain itu, Menag menegaskan kepada para pejabat yang dilantik agar dapat melaksanakan program secara efektif. Menag menyebut bahwa pihaknya telah menjadikan digitalisasi layanan, tata kelola data dan pembinaan pegawai sebagai program prioritas.

“Laksanakan dan gunakan anggaran dengan penuh tanggung jawab demi kemaslahatan yang lebih luas. Kita telah menjadikan digitalisasi layanan, tata kelola data dan pembinaan pegawai sebagai program prioritas," pungkasnya.

Berikut nama pejabat yang dilantik:

  1.     Nurhayati sebagai Rektor UIN Sumatera Utara periode 2023-2027;
  2.     Ahmadun sebagai Inspektur Investigasi Inspektorat Jenderal;
  3.     Azhari sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh;
  4.     Klemens Taran sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua;
  5.     Muhammad Saleh sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara;
  6.     Ahmad Qosbi Sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara;
  7.     Muhtar Hazawawi sebagai Kepala Biro AUPK UIN Sunan Ampel Surabaya;
  8.     Nawawi sebagai Kepala Biro AUPK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember;
  9.     Muhammad Nur sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Kerinci;
  10.     Farida Napu sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Sultan Amai Gorontalo;
  11.     Suwarsono sebagai Kepala Biro AUAK IAKN Palangka Raya;
  12.     Jhoni Tilaar sebagai Sekretaris Ditjen Bimas Kristen;
  13.     Urbanus Rahangmetan sebagai Kepala Biro AUAK IAKN Manado.