Menteri Agama setelah pembukan PWN PTK ke-15 di Jakabaring Sport Center (JSC) Kota Palembang

Menteri Agama setelah pembukan PWN PTK ke-15 di Jakabaring Sport Center (JSC) Kota Palembang

Palembang - Menteri Agama memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, atas terselenggaranya Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-15 Tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, Kamis (11/11). Melalui perhelatan ini, diharapkan mampu dijadikan jembatan transformasi karakter bangsa, transformasi teknologi digital dan transformasi intelektual di tengah perubahan kelembagaan STAIN menjadi IAIN dan IAIN menjadi UIN.

Menag, Yaqut Cholil Qoumas berharap melalui PWN PTK ini menjadi tolok ukur sejauhmana PTK berhasil melakukan Revitalisasi Geraka Pramuka, di tengah masyarakat yang berubah.

"Munculnya generasi millenial, kelompok menengah dan urban, harus dipahami sebagai peluang sekaligus tantangan bagi perguruan tinggi," ungkapnya

Wujud lain dari revitalisasi Gerakan Pramuka adalah melakukan transformasi agar kepramukaan di kalangan perguruan tinggi tidak ketinggalan zaman.

"Pramuka harus menjadi “rumah bersama” bagi sekumpulan generasi muda yang ingin berkembang, berkarya dan menempa diri. Rancang bangun kegiatan kepramukaan harus mampu menjawab kebutuhan generasi millennial yang akrab dengan teknologi digital," harap Menag.

Yaqut mengingatkan bahwa nilai-nilai kepramukaan seperti kemandirian, gotong royong, perjuangan hidup, keberanian, dan kepekaan sosial harus mampu ditransformasikan ke dalam perilaku mahasiswa.

"Era 4.0 dengan kemajuan teknologi digital harus diimbangi dengan tata dunia baru yang disebut era Society 5.0. Di saat yang sama PTK juga harus menyiapkan dan mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki pemahaman dan kapasitas keagamaan yang rahmatan lil‘alamin," pungkasnya. ogie