"Mencari Ranting Yang Hilang" Jadi Juara Cerita Remaja Islam Kemenag

"Mencari Ranting Yang Hilang" Jadi Juara Cerita Remaja Islam Kemenag

Bandung (Pendis) - Perlombaan Cerita Remaja Islam (Ceris) menjadi ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Ceris pada tahun ini menjadi pelaksanaan kali ke-12 yang diikuti oleh peserta dari 23 provinsi pada babak penyisihan.

I`ir Hikmatul Choiro dari SMA Negeri 1 Krembung-Jawa Timur dengan karyanya "Mencari Ranting Yang Hilang" menjadi salah satu karya Ceris terbaik dari 5 finalis Ceris lainnya pada kegiatan Grand Final Lomba Ceris KIR PAI siswa SMA/SMK Tahun 2018 yang diselenggarakan di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung.

"Juara I diraih oleh I`ir Hikmatul Choiro dari SMA Negeri 1 Krembung-Jawa Timur," terang Kepala Seksi Pembinaan Keagamaan Siswa Subdit PAI pada SMA/SMALB/SMK Herry Zakaria saat mengumumkan pemenang, Sabtu kemarin (08/12).

I`ir mengaku senang atas apa yang diraihnya. Ia menjelaskan bahwa ini pertama kalinya ia mengangkat cerita sejarah pada karyanya. "Ini pertama kalinya saya mengangkat cerita sejarah, sebelumnya hanya cerita imajinatif. Saya pernah menulis, ada lima buku yang sudah di antologikan," ujarnya saat diwawancarai.

Sebagai Juara I, I`ir berhak mendapat hadiah senilai Rp. 17.500.000 dan juga piagam serta trofi.

Berikut daftar pemenang lainnya Cerita Remaja Islam Pendidikan Agama Islam Siswa SMA/SMK Tahun 2018:

Juara II: Aldini Pratiwi dari SMAN 2 Gowa Sulawesi Selatan. Judul Ceris: Surat-Surat Yang Berterbangan di Langit Kota Daeng. Mendapatkan hadiah Rp.15.500.000 ditambah piagam dan trofi.

Juara III: Yamsyina Hawnan dari SMA IT Insan Cendikia Payakumbuh-Sumatera Barat. Judul Ceris: Metamorfosa. Mendapatkan hadiah Rp.13.500.000 ditambah piagam dan trofi.

Harapan I: Tasya Dea Amelia dari SMA Nuris Jember-Jawa Timur. Judul Ceris: Geumaseeh Papa, Seutia Matee. Mendapatkan hadiah Rp.11.500.000 ditambah piagam dan trofi.

Harapan II: Arista Fitria Sabila dari SMAN 2 Depok-Jawa Barat. Judul Ceris: Tabur Bintang. Mendapatkan hadiah Rp.9.500.000 ditambah piagam dan trofi.

Harapan III: Qomariah dari SMAN Sumatera Selatan-Sumatera Selatan. Judul Ceris: Akromatopsia: Pancarona di Negeri Pancasila. Mendapatkan hadiah Rp.7.500.000 ditambah piagam dan trofi.

Rohmat Mulyana Sapdi selaku Direktur PAI mengapresiasi para pemenang dan ia optimis bahwa pelaksanaan Ceris & KIR ini akan terus berlanjut di tahun mendatang. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, lomba Ceris & KIR harus tetap dilanjutkan di tahun mendatang," jelasnya. (miftah/dod)


Tags: