Mengenal Tradisi Botram di Pesantren Sunanul Huda Sukabumi

Mengenal Tradisi Botram di Pesantren Sunanul Huda Sukabumi

Sukabumi (Pendis)--Pondok Pesantren (Ponpes) Sunanul Huda di Jalan Cikaroya, Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat melaksanakan tradisi "Botram" dalam menyambut  bulan Ramadan 1444 Hijriyah.

“Botram” salah satu tradisi yang berlangsung sejak lama di Sunanul Huda saat menyambut bulan Ramadan. Botram yaitu tradisi menikmati makanan secara bersama-sama dengan cara digelar di atas daun pisang.

Botram merupakan salah satu cara tradisional yang dilakukan masyarakat Sunda dalam menikmati makanan, saat kumpul bersama anggota keluarga, teman, kerabat, atau orang terdekat. Botram sebenarnya juga dilakukan di berbagai moment. Masyarakat Sunda umumnya melakukan  Botram untuk munggahan terkait dengan silaturahmi menjelang bulan Ramadan dengan keluarga, saudara, tetangga atau teman-teman.

Unik dari tradisi botram adalah para anggota akan membawa lauk-pauk dari rumahnya masing-masing, dan mempersilahkan anggota lain untuk saling mencicipi atau bertukar makanan yang telah dibawa. Untuk  ngebotram yang dilaksanakan di Pesantren Sunanul Huda, makanan disipkan oleh pengurus.

Tradisi Botram ini dijadikan kebiasaan di Pesantren Sunanul Huda saat menjelang Ramadan, karena biasanya di bulan Ramadan ada keinginan berkumpul dan makan Bersama dengan anggota keluarga lainnya.  Dengan “ngebotram” ini diharapkan menjadi obat rindu para santri untuk berkumpul bersama keluarga, demikian menurut penjelasan salah satu dewan pengurus, Ustazah Aida (24/03/2023).

Tradisi Botram ini menjadi ajang untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan sekaligus menjalin silaturahim. Apalagi memasuki bulan suci Ramadan, kita dianjurkan untuk saling bermaafan, agar menghilangkan segala penyakit hati yang dikhawatirkan mengganggu kekhusukan kita menjalankan ibadah shaum atau puasa, tambahnya.

Sebanyak lebih kurang 1.400 santri yang belajar di Pesantren Sunanul Huda yang berdiri secara resmi tahun 1997 ini  mengikuti kegiatan Botram yang digelar sehari sebelum Ramadan, semua terlihat sangat antusias mengikuti Botram. Beberapa  santri  mengaku merasa senang mengikuti kegiatan ini.

Jelang Ramadan yang merupakan bulan penuh berkah dan ampunan ini, para santri Bersiap melakukan berbagai aktivitas ibadah bulan Ramadan.