Menteri Agama Launching POSPENAS VIII

Menteri Agama Launching POSPENAS VIII

Jakarta (Pendis) - Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (POSPENAS) VIII 2019 di Bandung Jawa Barat, pada tanggal 25 hingga 30 November 2019 mendatang Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan launching POSPENAS VIII 20199 di Jakarta, Jum`at (22/11).

Dalam lunching tersebut hadir Menteri Agama RI Jenderal (Purn) Fahrul Razi didampingi Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nur Kholis Setiawan dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Dalam laporannya Dirjen Pendis Kamaruddin Amin memaparkan tentang sejarah penyelenggaraan Pospenas yang diawali pada tahun 2001 di Pondok Pesantren Az Zaytun Indramayu Jawa Barat, lalu Pospenas pun berjalan setiap 3 tahun sekali. Sampai dengan tahun 2019 Pospenas akan diselenggarakan kali ke 8 di Bandung Jawa Barat yang akan melibatkan peserta sekitar 3000 orang.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin melaporkan pada Pospenas VIII 2019 terdapat 6 cabang olahraga dan 9 cabang seni yang akan dipertandingkan dan diperlombakan. Sebanyak 6 (enam) cabang olahraga yang dimaksud adalah Atletik, Bola Voli, Pencak Silat, Futsal (khusus santri laki-laki), Senam Santri dan Hadang, sedangkan 9 (sembilan) cabang seni adalah Kaligrafi Islami (Hiasan Mushaf Alquran), Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Seni Lukis Islami, Seni Kriya, Seni Hadrah, Cipta dan Baca Puisi serta Stand Up Comedy.

"Khusus Pospenas kali ini, selain ada launching oleh Menteri Agama RI pada hari ini, nanti akan dilaksanakan Welcome Party yang secara khusus diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyambut tamu-tamu sekaligus peserta yang datang ke Bandung, lalu akan ada pembukaan Pospenas yang mudah-mudahan Pak Menag RI berkenan bisa hadir," pungkasnya mengakhiri laporan.

Menteri Agama Fachrul Razi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Pospenas VIII 2019 di Bandung Jawa Barat.

Menurut Menag RI Pospenas merupakan kegiatan berskala besar, besar dari segi jumlah peserta yang terlibat, besar dari aspek pendanaan,besar dilihat dari jumlah cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan serta besar dari segi kepanitiaan penyelenggara yang melibatkan 7 (tujuh) kementerian/lembaga pemerintah yakni Kemenko PMK, Kemendagri, Kemenag, Kemendikbud, Kemenpora, Menpar serta Pemprov Jawa Barat.

Masih menurut Menag, Pesantren memiliki peran dan kontribusi dalam membentuk karakter bangsa bahkan ditegaskan Pesantren sebagai benteng untuk menghadapi ancaman budaya asing sekaligus memupuk kebudayaan local.

Launching Pospenas VIII 2019 ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Menteri Agama di dampingi Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Dirjen Pendidikan Islam dan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. (Kanali/Hik)


Tags: