Drs Amrullah MSi

Drs Amrullah MSi

Bandar Lampung (Pendis) – Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag) RI, Drs H Amrullah MSi hadir menjadi narasumber pada Studium General yang digelar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Selasa (07/11/2023).

Nampak dua ribuan mahasiswa baru FTK dari 12 prodi hadir pada acara yang dilaksanakan di Ballroom UIN ini. Tema yang diusung ialah Mewujudkan Kualitas SDM Menyongsong Generasi Emas Indonesia Maju.

Amrullah menjelaskan, generasi emas harus memiliki kecerdasan yang komprehensif. Diantaranya mampu bekerja produktif, mampu berinteraksi, dan berperadaban unggul.

Dalam menyiapkan generasi emas, lanjut Amrullah, harus memiliki kriteria mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu berkarakter sebagai bangsa Indonesia, memiliki integritas, berkompeten di bidangnya, mampu beradaptasi, serta mampu menggunakan kemajuan teknologi.

“Jadi untuk menuju Indonesia emas, tidak hanya menyiapkan intelektual melalui pendidikan saja, namun spiritual juga harus kita perkuat, dengan integrasi komprehensif,” ujarnya.

Kemudian  Amrullah juga menyampaikan, mempersiapkan generasi emas harus berbanding lurus dengan adanya sikap penguatan moderasi beragama untuk membentengi diri dari radikalisme, ekstrimisme, dan fanatisme.

“Kita harus bangga, bahwa kita adalah rakyat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, budaya, agama. Bangsa kita adalah bangsa yang majemuk dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang tentu harus kita rawat, jangan sampai terpecah,” tandasnya.

Studium General dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr H Alamsyah MAg. Dalam sambutannya, ia berpesan kepada mahasiswa baru agar menjadi mahasiswa berprestasi, berakhlak, dan siap membangun masa depan dengan berbagai tantangan yang semakin berat.

Hadir dalam Studium General FTK, yaitu Dekan FTK Prof  Dr Hj Nirva Diana MPd, para wakil dekan FTK, para Kaprodi dan Sekprodi, Kabag fakultas, serta dosen dan tendik lingkungan FTK UIN Raden Intan Lampung.