Mimpi Jadi Pengusaha Terwujud, Hanif Kelola Z Coffe Program Beasiswa Mustahik BAZNAS

Mimpi Jadi Pengusaha Terwujud, Hanif Kelola Z Coffe Program Beasiswa Mustahik BAZNAS

Semarang (Pendis)- Ada yang menarik dalam peresmian Z Corner Baznas pertama di Indonesia di FEBI UIN Walisongo Semarang pada Sabtu ( 18/11/2023). Z Coffe salah satu unit usaha binaan BAZNAS ini dipenuhi oleh pembeli. Dihari pertama pembukaannya diminati oleh pembeli yang mayoritas adalah mahasiswa. 

Dialah Muhammad Hanif Annashih, salah satu Mustahik atau penerima zakat.  Putra dari Pak Ahmad Aaz yang kesehariannya sebagai Supir Travel  dan Ibu Susmiati Hartin. 
Selama kuliah selain dukungan finansial dari orang tua yang terbatas, Hanif tetap semangat untuk berwirausaha. 

Keberadaan beasiswa Mustahik ini memberikan kesempatan pada mahasiswa Mustahik yang memiliki kompetensi untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang pengusaha. 

Hanif mahasiswa asal Pati yang terpilih  menerima Beasiswa Produktif dari BAZNAS RI yang mengelola Z Coffe. Mahasiswa Manajemen FEBI UIN Walisongo ini mendapatkan bantuan dana sebesar 38 Juta dari BAZNAS RI dan pendampingan dari Laboratorium Manajemen Zakat(LMZ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam(FEBI) UIN Walisongo. 

Hanif menyampaikan semangatnya untuk mahasiswa lain. jangan takut untuk mencoba hal yang baru dan harus out of the box

" Saya mengikuti seleksi beasiswa BAZNAS karena tertarik dan ingin upgrade skill berwirausaha. Selain itu saya ingin mempraktikkan apa yang sudah dipelajari di Prodi  Manajemen," ungkapnya.

Tahapan yang dilalui Hanif untuk mendapatkan beasiswa dilaluinya dengan semangat.Mulai dari pembuatan proposal usaha, wawancara dari BAZNAS RI dan FEBI. motivasi usaha dan pemaparan plan dan opportunity kedepan. Sampai training dalam pembuatan kopi.

Hanif menambahkan Z Coffe ini pertama di Jawa Tengah. Pembuatan Z Coffe ini menggunakan kopi kualitas premium yang diambil dari petani kopi binaan BAZNAS. Ditambah view yang menarik di Taman Enterpreneur menjadikan menikmati kopi semakin nikmat. 

Ketua BAZNAS RI Prof.Dr.Nur Achmad,MA. Menyampaikan apresiasinya kepada FEBI UIN Walisongo. Taman Enterpreneur ini awalnya adalah parkiran motor tapi sekarang dijadikan ruang untuk mahasiswa berkreasi, berinovasi dan berwirausaha. Semoga keberadaan Z Corner memberikan kebermanfaatan bagi semuanya. Z Corner di UIN Walisongo terdiri dari tiga merk Usaha yang didampingi oleh BAZNAS yaitu Z Chicken, Z Coffe dan Z Mart, nantinya juga untuk memasarkan produk UMKM binaan BAZNAS.


Tags: # uin