Siswa MTsN 1 Kudus, Hanif Fathin Puspito Zafran dan Muhammad Zaki Pratama

Siswa MTsN 1 Kudus, Hanif Fathin Puspito Zafran dan Muhammad Zaki Pratama

Kudus (Pendis) – Prestasi membanggakan kembali diraih siswa Madrasah. Kali ini, siswa MTs Negeri 1 Kudus mengukir prestasi tingkat Nasional. Tim robotik Green Storm atas nama Hanif Fathin Puspito Zafran dan Muhammad Zaki Pratama siswa kelas VIII berhasil meraih penghargaan Best Design dalam ajang Borobudur University Robotic Competition (BURC) 2023 kategori Soccer IoT Robot Junior di Kampus Universitas Borobudur Jakarta pada 10-12 Maret 2023.

Kompetisi BURC 2023 ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Borobudur. Peserta kompetisi adalah pelajar/siswa-siswi pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Republik Indonesia maupun siswa-siswi MI-MTs-MA di lingkungan Kementrian Agama Republik Indonesia. Untuk kategori Soccer IoT Robot Junior sendiri diikuti oleh 30 tim robotik dari SD-SMP/MI-MTs tingkat nasional.

Turikhan, selaku Plt. Kepala MTsN I Kudus memberikan apresiasi atas capaian prestasi para siswanya dalam ajang lomba robotik tingkat nasional tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada anak-anak kami yang telah mendapat penghargaan ini. Apresiasi yang setinggi-tingginya atas raihan prestasi ini atas kerja keras dari semua pihak, para wakil kepala dan pembina ekstrakurikuler.” Ungkapnya.

"Madrasah selalu berkomitmen untuk memajukan prestasi para siswa baik yang memiliki kemampuan dibidang akademik maupun non akademik yang dibarengi dengan penguatan karakter Akhlaqul Karimah sesuai dengan tagline Madrasah Mandiri Berprestasi dikembangkan melalui nilai-nilai Jujur, Inovatif, Toleran dan Unggul.” Imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Eko Sudarmanto, sebagai Wakil Kepala Bidang Kesiswaan merasa bangga atas prestasi tim robotika MTsN 1 Kudus yang dibimbing oleh Alfin Luqmanul Hakim.

“Ini merupakan buah dari Latihan rutin ekstrakurikuler di madrasah. Potensi peserta didik harus selalu dikembangkan melalui wadah dan pembinaan yang intensif sehingga potensi itu menjadi prestasi yang dapat membanggakan madrasah, orangtua dan masyarakat,” tuturnya.

“Kedepan madrasah akan selalu mengutamakan keunggulan akademik melalui program tahfidz, sains dan riset serta non akademik melalui pengembangan berbagai macam cabang olahraga, sehingga minat dan bakat para siswa dapat tersalurkan secara maksimal.” Pungkas Pak Eko sapaan akrabnya.