Pelepasan Kontingen UIN MY Batusangkar Menuju Final OASE PTKI

Pelepasan Kontingen UIN MY Batusangkar Menuju Final OASE PTKI

Batusangkar (Pendis) – Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc melepas secara resmi kontingen Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar “Kampus Sains Islam Refleksi Surau Minangkabau” pada ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) II 2023, senin (12/06/23)

Pelepasan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III, Kabag Umum, dosen pembimbing, tim pendamping, serta tim Official dan kontigen OASE PTKI UIN MY Batusangkar.

Dalam sambutan pelepasannya, Rektor menyampaikan bahwa ajang OASE II PTKI 2023 adalah ajang yang paling kontributif bagi para mahasiswa untuk menunjukkan dedikasi untuk UIN MY Batusangkar. Ia juga menyebutkan bahwa setiap prestasi yang ditoreh para mahasiswa mampu menunjang akreditasi kampus maupun program studi.

“Tunjukkan dengan capaian-capaian juara, itu (prestasi) akan menjadi poin penilaian bagi kampus kita, dan event ini bergengsi dan berkelas nasional, tentunya kita sebagai Kampus Sains Islam Refleksi Surau Minangkabau, bisa menunjukan di kacah nasional tersebut” kata Prof bidang fisika ini.

“Selamat berjuang, berikan dedikasi untuk prestasi almamater UIN Mamhud Yunus Batusangkar kita tercinta, dan terutama ikutilah kegiatan ini secara sungguh-sungguh, supaya hasilnya maksimal dan jangan lupa selalu bermunajah kepada Allah Swt” ucapnya.

Lebih lanjut Prof Marjoni mengatakan, OASE II PTKI se-Indonesia Tahun 2023 yang mengusung tema “Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs” (“Building Moderate and Innovative Generation to Reach Out Sustainable Development Goals”), berlangsung secara daring dan luring. 

Sementara itu Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, M.Pd menyembutkan, pelaksanaan babak penyisihan diselenggarakan pada 22 – 26 Mei 2023 dan babak final pada 14 – 17 Juni 2023, bertempat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

UIN Mahmud Yunus Batusangkar akan melakoni sebanyak enam cabang lomba pada babak final OASE PTKI II se-Indonesia Tahun 2023, setelah melewati babak penyisihan yang ketat. Hal ini melalui surat keputusan panitia pusat OASE dengan nomor 039/OASE-II/UINJKT/V/2023. Jakarta Rabu (31/05/2023)

Adapun eman kategori cabang lomba yang mengantarkan UIN Mahmud Yunus Batusangkar menembus babak final yakni:

  1. Cabang Lomba Kimia atas nama Rekno Sri Wahyuni
  2. Cabang Lomba Biologi atas nama Helviana Putri Telaumbanua
  3. Cabang Lomba Literasi Inovasi Teknologi atas nama Fitria Handayani, Renna Azmar dan Yupita Putri
  4. Cabang Lomba Nano Teknologi dan Kesehatan atas nama Tazkiyatul Marjan, Erdawati dan Siti Nur Syafiqa
  5. Cabang Lomba Produk Halal dan Ketahanan Pangan atas nama Ghazi Hanif Ghazali, Natasya N. dan Zahra Ramadhani
  6. Cabang Lomba Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan atas nama Deden Sukma Julianto, Dwi Mulya Putri dan Nurainun Fadillah Lubis (doni)