Outing Class Agen Perubahan, Roots MTsN 3
Malang

Outing Class Agen Perubahan, Roots MTsN 3 Malang

Outing Class Agen Perubahan, Roots MTsN 3
Malang

Didampingi oleh mitra dari Unicef, Erry Pratama dan Suci Sepengasih, serta fasilitator madrasah Ikhsanul Huda dan M. Zainal Muttaqin, kegiatan tersebut juga mendapatkan pantauan dan dihadiri secara langsung oleh kepala MTsN 3 Malang beserta staf pimpinan yaitu wakil kepala bidang akademik, kesiswaan, sarana prasarana, dan hubungan masyarakat, serta koordinator dan tim Madrasah Ramah Anak.

Hj. Warsi selaku kepala MTsN 3 Malang mengungkapkan terima kasih atas dukungan dari Unicef, Kemenag RI, serta beberapa pihak yang telah mempercayakan MTsN 3 Malang sebagai salah satu dari pilot project pelaksanaan kegiatan Roots di madrasah, hal tersebut sangat bersesuaian dengan keseriusan MTsN 3 Malang dalam menerapkan Satuan Pendidikan Ramah Anak, yang salah satu indikatornya yaitu menghindari maupun menghilangkan praktik bullying/perundungan dan kekerasan di madrasah, hal tersebut sejalan dengan konsep Roots, sehingga membuat anak aman, nyaman dan bahagia, jelas kepala MTsN 3 Malang.

Ditambahkan oleh Hj. Warsi bahwa kegiatan Roots merupakan upaya pencegahan bullying/perundungan berfokus pada peserta didik yang selanjutnya disebut para agen perubahan, dimana mereka merupakan peserta didik pilihan yang sering berinteraksi dan memiliki pengaruh kepada teman-temannya untuk menebar kebaikan serta menghindari dan mencegah bullying/perundungan, sehingga berhasil atau tidaknya pencegahan maupun menghilangkan bullying/perundungan sangat bergantung kepada upaya mereka, oleh karena itu sebagai bentuk dukungan, motivasi, serta penguatan, kami mengusulkan kepada mitra Unicef dan fasilitator madrasah untuk melaksanakan kegiatan Outing Class, dan Alhamdulillah mereka juga setuju dan mendukung, ungkap Hj. Warsi.

Erry Pratama dan Suci Sepengasih dalam materinya menjelaskan bahwa pertemuan ke 11 agen perubahan akan di ajak untuk membuat visi pada kegiatan Roots Day, dilanjutkan untuk berdiskusi dan memutuskan seperti apa Roots Day akan dilaksanakan serta Memunculkan ide untuk tema Roots Day. “Ayo diskusikan tentang Roots Day! Kita akan memulainya! Kalian semua punya ide-ide yang luar biasa, madrasah lain juga punya banyak ide, kita punya banyak ide. Kalian orang yang ahli tentang madrasah ini, jadi kalian semua yang menentukan apa visi atau apa yang kamu inginkan untuk Roots Day”, jelas Erry Pratama.

Sementara itu, Ikhsanul Huda selaku fasilitator madrasah mengucapkan terima kasih kepada para orangtua peserta didik agen perubahan yang telah mengizinkan ananda untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Roots serta outing class di Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, mohon motivasi dan dukungannya semoga ananda konsisten dan memiliki komitmen untuk mengikuti kegiatan sampai berakhir, sehingga tujuan untuk membuat madrasah yang aman nyaman dan bahagia dapat terwujud, ungkap Ikhsanul Huda. (abft)


Tags: # madrasah