Pekan Kreatifitas Mahasiswa ke III, Tumbuhkan  Bakat, Minat, Kemampuan  dan Prestasi Peserta

Pekan Kreatifitas Mahasiswa ke III, Tumbuhkan Bakat, Minat, Kemampuan  dan Prestasi Peserta

Jambi (Pendis)--Ajang kompetisi Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ketiga Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera dan Asia Tenggara yang diselenggarakan di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi resmi dibuka, Senin (24/7/2023)

PKM merupakan Kompetisi mahasiswa wilayah sumatera dan PTI Asia Tenggara dalam bidang ilmiah, seni dan olahraga, hal ini disampaikan Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI,  Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan saat membuka kegiatan PKM di Jambi.

“PKM sebagai ajang menumbuh kembangkan bakat, minat, kemampuan  dan prestasi para mahasiswa di PTKI di Indonesia dan juga peserta dari negara di Asia Tenggara,”ujar Zulfan.

Menurutnya, gelaran PKM sebagai wadah membina prestasi, karakter, mental, spiritual dan akhlak para peserta , juga upaya  mengokohkan persaudaraan, kebangsaan dan ke indonesiaan menuju Indonesia unggul 2045.

Zulfan mengapresiasi  penyelenggaraan PKM III yang diselenggarakan di UIN Jambi,  karena merupakan gelaran pertama yang melibatkan dan menghadirkan  peserta dari perguruan tinggi Islam Asia Tenggara. Sehingga gelaran kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala internasional.

 “Selamat berkompetisi bagi para peserta kontingen, selamat menjalankan amanah bagi para dewan hakim, dewan juri, dan wasit. Mari kita jaga integritas moralitas dan sportivitas bertanding. Selamat dan sukses”, tutur Zulpan.

Sebagai tuan rumah, Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Su’aidi mengucapkan selamat datang atas kehadiran para kontingen peserta PKM III serta para tamu undangan yang hadir pada pembukaan PKM III di Kampus lokomotif perubahan, terdepan dan berwibawa. Ia mengungkapkan rasa bangganya karena UIN Jambi dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana pada PKM III PKM Ke-III yang dilaksanakan Se-Sumatra dan dan Asia Tenggara.

“Menjadi tuan rumah kegiatan PKM Ke-III yang dilaksanakan Se-Sumatra dan dan Asia Tenggara ini selain menjadi satu terobosan baru yang dilakukan UIN Jambi, hal ini juga akan meningkatkan nilai akreditasi perguruan tinggi”, ucapnya. Keterlibatan PTI se-Asia Tenggara pada ajang kompetisi PKM III kali ini merupakan inisiatif dari Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk mengembangkan tidak hanya menjadi kompetisi regional tetapi menjadi kompetisi internasional.

Dalam laporannya Ketua Panitia PKM III Dr. Bahrul Ulum, MA menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan PKM III berdasarkan keputusan Rektor UIN Imam Bonjol 10 Juni 2021 yang mengamanahkan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebagai tuan rumah PKM III tahun 2023 dengan tema “Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas dan Rekognisi”.

Peserta  pada PKM III diikuti perguruan tinggi se-Sumatera dan se-asia Tenggara yaitu; 22 PTKIN se-Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja Singapura, dan Brunei Darussalam.

Ajang lomba PKM III ini digelar 20 Mei – 29 Juli 2023 secara hybrid baik daring dan luring dengan mempertandingkan 33 cabang lomba yang terdiri dari 10 cabang lomba bidang ilmiah, 11 cabang lomba bidang seni dan 12 cabang lomba bidang olahraga dengan diikuti 1530 peserta. Pembukaan PKM III ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi sekaligus Ketua Alumni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Drs. Abdullah Sani, M. Pd.I, Ketua Forum Rektor PTKIN se-Sumatera Prof. Dr. Nyanyu Khodijah, M.Pd.I, para Rektor dan Ketua PTKIN se-Sumatera, dan Kepala Biro PTKIN se-Sumatera, perwakilan PTI se-Asia Tenggara yang hadir secara virtual, jajaran Forkopimda Provinsi Jambi, Ketua KONI Provinsi Jambi, serta para stake holders lainnya.


Tags: # uin