ToT Moderasi Beragama

ToT Moderasi Beragama

Jakarta (Pendis) – Setelah Surat Ederan  Direktur Jenderal Pendidikan Islam (SE Dirjen Pendis) tahun 2019 tentang Rumah Moderasi Beragama (RMB), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) kemudian mendirikan RMB. Tidak berhenti pada pendirian RMB saja namun berbagai pertemuan akademis telah dilaksanakan dalam berbagai Program Moderasi Beragama (PMB). Salah satu yang paling mendesak dalam PMB ini adalah rekruitmen trainer PMB.

“Mulai Hari Jum’at, 27 Oktober dan diakhiri Hari Jum’at, 03 November 2023 Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam membuka pendaftaran Training of Trainer Penguatan Moderasi Beragama,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dir. PTKI) Ahmad Zainul Hamdi (27/10/2023).

Kuota yang sangat terbatas hanya untuk 300 (tiga ratus) calon trainer PMB ini, lanjut Trainer MB Kementerian Agama RI, akan dikhususkan bagi dosen/pengajar lingkup kampus Kementerian Agama RI. 

“Dosen Perguruan Tinggi Keagaamaan yang mempunyai Nomor Induk Dosen Nasional dengan jabatan minimal Lektor bisa mendafttar program ini,” kata Guru Besar Sosiologi Agama UIN Sunan Ampel. 

ToT yang akan diselenggarakan selama 7 (tujuh) hari ini kata Zainul Hamdi, calon peserta terlebih dahulu membuat makalah sebagai syarat pendaftarannya.

“Syarat mengirimkan makalah digunakan sebagai alat ukur penguasaan tema moderasi beragama,” kata mantan Wakil Rektor III UIN Sunan Ampel ini. 

Sementara itu Kepala Sub Direktorat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Muhamad Azis Hakim menginformasikan bahwa calon peserta ToT PMB ini harus tidak sedang menerima beasiswa dari program BIB (Beasiswa Indonesia Bangkit). 

“ToT PMB ini dibiayai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, kalau di Kementerian Agama dinamakan BIB”, kata Azis yang masih aktif mengajar di UIN Sayyid Ali Rahmatullah ini. 

Secara teknis, kata mahasiswa Doktoral Pascasarjana Universitas Brawijaya ini, calon peserta harus mendaftar melalui portal  https://pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id/  dan mengunggah bebrapa dokumen yang diperlukan

“Setelah unggah dokumen dan pengumuman peserta definitif, ToT PMB ini akan diselenggarakan beberapa kampus PTKIN yang sudah berkriteria BLU, Badan Layanan Umum,” kata Alumnus IAIN Walisongo ini. (VivaNurUsman)

Silahkan Download :
1. Pemanggilan Peserta ToT PPMB
2. Surat Penyataan Komitmen Kebangsaan
3. Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas 
4. Surat Rekomendasi dari Rektor/Ketua/Pimpinan PTK