Pendidikan Hanya Kedepankan Aspek Intelektual

Pendidikan Hanya Kedepankan Aspek Intelektual

SLEMAN (KRjogja.com) - Pendidikan harus dapat mengembangkan manusia seutuhnya atau holistic education, yaitu untuk mengembangkan manusia seutuhnya pada aspek intelektual, emosional, fisik, sosial, estetik dan spiritual. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan komprehensif atau holistik.

"Pendidikan yang mengintegrasikan aspek the heart, the head dan the hand yang harus dikembangkan secara terpadu dan harmonis secara holistik dan humanis," ujar Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto Jawa Tengah (Jateng) Dr Sumiarti MAg, Senin (7/3/2016).

Menurut lulusan Doktor Ilmu Pendidikan dari Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta ini, dengan kata lain pendidikan tersebut mampu mengintegrasikan pengetahuan, budi pekerti, kreativitas, dan inovasi dalam satu kesatuan dalam proses
pembelajarannya.

Namun dalam realitas di lapangan memperlihatkan pendidikan tidak selalu identik dengan pengembangan manusia secara utuh yang diharapkan, mayoritas pendidikan hanya mengembangkan aspek kognitif/the head, sehingga peserta didik menjadi kurang berkembang maksimal. (Asa)


Tags: