![Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom](/storage/pictures/posts/16_9/mid/1663931419.jpeg)
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom
Makassar (Pendis)--Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Instrumen dan Validasi Instrumen AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) Tahun 2022.
AKMI merupakan asesmen kompetensi literasi siswa madrasah yang mencakup literasi membaca, literasi sains, literasi numerasi, dan literasi sosial budaya. Hasil AKMI memberi informasi tentang tingkat kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir kritis untuk kemudian membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas, ungkap Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom di Jakarta.
Program yang merupakan bagian dari program REP-MEQR atau Realizing Education’s Promise- (Madrasah Education Quality Reform) bertujuan meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan Madrasah, terangnya.
Ishom menambahkan, kegiatan ‘Pengembangan dan Validasi Instrumen AKMI” ini menjadi bagian dari upaya dalam menyiapkan soal AKMI yang valid dan bermutu.
"Meskipun AKMI 2022 tengah dilaksanakan, tetap kita lakukan pengembangan dan validasi instrumen AKMI untuk memperoleh hasil asemen kompetensi yang sesuai dengan harapan,” ucap Suwardi, Kepala Sub Direktorat Kurikulum dan Evaluasi saat membersamai kegiatan Pengembangan dan Validasi Instrumen Lterasi Numerasi di Makassar (22-24 September 2022).
Menurutnya, kegiatan ini melibatkan para guru madrasah se Indonesia yang lolos seleksi rekrutmen, yang diperuntukan menulis soal-soal Literasi membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).
Lebih lanjut, Suwardi mengatakan bahwa tingkat kesulitan dari instrument AKMI perlu validasi, memastikan tingkat kesulitannya objektif berdasarkan respon peserta validasi yang memiliki karakteristik yang sama persis dengan karakteristik sasaran AKMI.
"Pastinya tim sudah kerja keras selama ini dan memberikan kontribusi terbaiknya. Pengembangan dan validasi instrumen yang dilakukan ini didampingi tim pakar dari berbagai dasar keilmuan,"pungkas Suwardi.
TERKAIT
POPULER
Kemenag Luncurkan Pedoman Implementasi Kurikulum Bagi Madrasah
- Rabu, 10 Juli 2024
Seleksi 7.962 Proposal, Tahap MYRES 2024 Capai 30 Besar
- Rabu, 10 Juli 2024
Direktur KSKK Madrasah: Reformasi Mutu Pendidikan di Madrasah Penting
- Jumat, 5 Juli 2024
Kemenag Gelar Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah
- Sabtu, 6 Juli 2024
7.962 Proposal Penelitian Masuk, Kemenag Mulai Proses Seleksi MYRES 2024
- Kamis, 4 Juli 2024
BERITA TERKINI
FTIK UIN Palu kerja sama IAIN Bone tingkatkan mutu akademik
- Selasa, 16 Juli 2024
UIN Ar-Raniry dan Kominfo Sepakat Jalin Kerja Sama Strategis di Bidang TIK
- Selasa, 16 Juli 2024
Satu Pesdik Madrasah di Kalteng Terpilih Ikut Kibarkan Bendera di IKN
- Senin, 15 Juli 2024
Copyright © 2021 Pendis Kemenag