Pentingnya Kemampuan Bahasa Arab untuk Belajar Agama Islam

Rabu, 12 Februari 2020 08:13 WIB
Pendis

Pentingnya Kemampuan Bahasa Arab untuk Belajar Agama Islam

Kemampuan menguasai bahasa Arab sangat penting dan wajib dikuasai oleh orang-orang yang ingin memperdalam agama Islam. Hal ini karena agama Islam diajarkan oleh Nabi Muhammad yang merupakan orang Arab dan Al-Qur'an sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat manusia yang diturunkan kepada Nabi Muhammad juga menggunakan bahasa Arab.

 

Oleh karena yang demikian maka mutlak diperlukan penguasaan bahasa Arab jika ingin memahami agama Islam secara mendalam. Di samping itu hampir semua sumber dan literatur agama Islam ditulis dengan menggunakan bahasa Arab.
 

Urgensi menguasi bahasa Arab ini juga sangat diperlukan ditengah merebaknya para dai dan ustadz yang sok-sokan mengajarkan agama Islam tanpa pengetahuan bahasa Arab. Para dai tersebut dengan sesuka hatinya berusaha menafsirkan dan mentasrifkan kata berbahasa Arab untuk menarik jamaahnya. Akan tetapi justru tasrif kata berbahasa Arab yang disampaikan sangat kacau dan salah kaprah.

 

Tentu hal yang demikian tidak boleh terjadi, tanpa penguasaan bahasa Arab yang mumpuni justru ajaran agama Islam semakin banyak disalahpahami, sehingga malah menimbulkan pemikiran-pemikiraan yang justru bertentangan dengan ajaran Islam itu sendiri.

 

Meningkatkan penguasan bahasa Arab bisa dimulai dengan kemampuan membaca bahasa Arab atau sering dikenal dengan maharah qira’ah. Maharah qira’ah yakni kemampuan berbahasa dalam memahami kandungan makna berdasarkan tulisan dengan baik dan benar. Untuk mencapai tahapan pemahaman dibutuhkan langkah-langkah yang sistematis dan bertahap. Target pembelajaran keterampilan membaca (maharah qiraah) ini adalah mampu membaca teks arab dengan fasih, mampu menerjemahkan dan mampu memahaminya dengan baik dan lancar.

 

Kemahiran membaca mengandung dua aspek. Pertama, mengubah lambang tulis menjadi bunyi. Kedua, menangkap arti dari pada seluruh situasi yang dilambangkan dengan lambang-lambang tulis dan bunyi tersebut. Inti kemahiran membaca terletak pada aspek yang kedua. Namun tidaklah berarti bahwa kemahiran dalam aspek yang pertama tidak penting sebab kemahiran dalam aspek yang pertama mendasari kemahiran yang kedua.

 

Apabila diperhatikan serta jika dihubungkan fenomena ustadz yang tidak bisa berbahasa Arab, dengan kemampuan kemampuan bahasa Arab di kalangan Nahdlatul Ulama baik di pesantren maupun madrasah-madrasah rasanya sangat kontradiksi. Di NU penguasan bahasa Arab telah diajarkan sejak dini. Selain diajarkan sejak dini penguasan bahasa Arab juga sangat ditekankan dan harus dihapalkan.

 

Penelitian yang dilakukan M Sofyan Alnashr pada tahun 2018 dengan judul Penilaian Kemampuan Membaca Bahasa Arab Anak Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pati menunjukan bahwa kemampuan bahasa Arab telah diajarkan sejak dini dan dikuasi dengan baik.

 

M Sofyan Alnashr dalam penelitian yang dilakukan dengan dukungan bantuan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI tahun anggaran 2018 tersebut menyimpulkan bahwa jumlah anak dengan nilai sangat baik berjumlah 11 anak, jumlah ini sama dengan anak yang nilainya baik.

 

Total dari nilai anak yang baik dan sangat baik berjumlah 22 anak atau 61 persen. Sementara anak dengan nilai cukup sebanyak 7 anak (19 persen) dan 6 anak atau 17 persen mendapat nilai kurang. Masih terdapat 1 anak (3 persen) yang masuk kategori butuh pendampingan khusus dalam hal kemampuan membaca Arabnya.

 

Dengan data ini dapat disimpulkan bahwa anak MI di Kabupaten Pati mempunyai kemampuan membaca Arab yang baik. Lebih dari 60 persen anak mampu membaca Arab dengan baik dan benar serta sesuai dengan tajwid (tartil).

 

Walhasil, penguasaan bahasa Arab mutlak diperlukan untuk memahami dan mendalami agama Islam, terlebih lagi jika penguasaan bahasa Arab ini diajarkan sejak dini, tentu akan menambah gairah berislam yang baik dan moderat dan memahami ajaran Islam secara baik dan komprehensif.

 

 

Penulis: Ahmad Khalwani

Editor: Kendi Setiawan

Tags:

#Diktis#MI#penelitian#Pati


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah