Peserta PPLK-KKN IAIN SAS Babel di Thailand

Peserta PPLK-KKN IAIN SAS Babel di Thailand

Thailand (Pendis)-Program Praktik Pengalaman Lapangan  Kependidikan (PPLK) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) biasanya dilakukan di dalam negeri, tetapi mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung melakukan terobosan dengan mengadakan PPLK-KKN tingkat Internasional di Thailand.
 

Tepat di hari Selasa, 5 September 2023 wakil rektor 2 bersama pejabat dilingkungan fakultas tarbiyah IAIN SAS Bangka Belitung melakukan pelepasan keberangkatan 12 mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung menuju Thailand. PPLK-KKN Internasional akan dilaksanakan selama satu bulan dan berakhir pada 5 Oktober 2023.

12 mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung terbang dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Bandara Soeta Jakarta, kemudian melanjutkan penerbangan ke Bandara Kuala Lumpur, Malaysia. Selanjutnya para peserta PPLK-KKN Internasional ini melakukan perjalanan menggunakan travel menuju Hatyai, Thailand.

Yayasan Al-Hidayah Waqaf Foundation menjemput peserta di Hatyai, Thailand dan langsung melaksanakan pembagian penempatan lokasi PPLK-KKN di beberapa sekolah.

Sebanyak 5 mahasiswa ditempatkan di Santi Witya Serong School di Pattani, 4 mahasiswa di Attarkiah Islamic School di Provinsi Narathiwat dan 3 orang mahasiswa Suansawan Vitaya di Narathiwat. 

Para mahasiswa peserta PPLK-KKN disambut hangat di semua sekolah dimana mereka ditempatkan. Pada kesempatan yang sama, mereka mengucapkan terimakasih atas kesempatan melaksanakan PPLK-KKN di sekolah tersebut dan telah menerima kehadiran dengan sangat baik. Tak lupa, mereka pun menyampaikan program yang akan dilaksanakan PPLK-KKN di sekolah.

Ada pun program yang diperkenalkan mencakup pengajaran penguatan aqidah dalam kehidupan sehari-hari,  mengenalkan Bahasa Indonesia, Budaya Indonesia khususnya Bangka Belitung. Bentuk pengenalan budaya Melayu Bangka Belitung salah satunya dengan mengadakan senam bedincak bersama. Selain itu, peserta PPLK-KKN juga memberikan motivasi belajar siswa dan berbagai hal positif lainnya.

Naufal Lisanul Haq, salah satu peserta PPLK-KKN Integratif Internasional di Thailand berharap, "semoga kegiatan PPLK dan KKN ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat serta menjadi kegiatan yang terus berlanjut hingga nantinya".