Perkuat Kelembagaan, SPI IAIN SAS Babel Silaturrahmi Ke SPI UIN Raden Fatah Palembang

Perkuat Kelembagaan, SPI IAIN SAS Babel Silaturrahmi Ke SPI UIN Raden Fatah Palembang

Bangka(Pendis). Satuan Pengawas Internal (SPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS), Bangka Belitung (Babel), melakukan kunjungan ke SPI Universitas Islam Negeri (UIN), Raden Fatah Palembang, Selasa dan Rabu, (6-7/6/2023)

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi sekaligus membangun kerjasama yang baik antar SPI untuk mencapai lembaga yang sesuai dengan yang diamanatkan.

" Kami berterimakasih atas sambutannya yang luar biasa. Mudah-mudahan pertemuan ini memberikan dampak baik untuk kita kedepannya, sebagaimana yang diharapkan, "sebut kepala SPI IAIN SAS Babel, Muhamad Edy Waluyo

Menurut Edy, SPI IAIN SAS Babel di bawah kepemimpinannya berjalan sekitar setahun lebih. Pihaknya hingga kini terus melakukan pembenahan dalam segala bidang dan pembelajaran untuk meningkatkan tugas dan fungsinya.

" Kepengurusan SPI ini sekitar setahun lebih berjalan, banyak hal yang harus dipelajari agar kedepan SPI di IAIN SAS Babel ini menjadi semakin berkembang dan baik. Ke UIN Raden Fatah Palembang ini karena kita ibaratnya saudaralah, kakak adik, hanya saja beda tempat saja," sebut Edy

Sementara Dekky Anwar, Kepala SPI UIN Raden Fatah Palembang, SPI di UIN Raden Fatah Palembang lahir tahun 2012 dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja layanan Badan Layanan Umum (BLU) .

Tujuannya sebagai organ kegiatan yang melakukan kegiatan pengendalian, pengawasan, evaluasi, audit dibidang keuangan maupun kinerja universitas berdasarkan peraturan menteri agama dan menteri keuangan Republik Indonesia.

" SPI di UIN Raden Fatah Palembang terbentuk karena UIN ini sebagai BLU, karena sebagaimana peraturan menteri agama nomor 25 tahun 27 dan menteri keuangan nomor 200 tahun 2007 tentang SPI di BLU," terang Dekky

SPI UIN Raden Fatah Palembang memiliki visi menjadi SPI yang profesional, objektif dan independen dalam memberikan nilai tambah bagi kampus dan membantu pimpinan mewujudkan good government mencapai visi universitas berstandar internasional, berwawasan kebangsaan dan berkarakter islami.

Adapun misinya ada tiga, di antaranya menciptakan sistem pengendalian yang efektif dan efisien. Menjadi mitra strategis bagi pemimpin dalam memberi nilai tambah pada pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan kampus.

Selain itu mendukung pimpinan kampus untuk meningkatkan penerapan zona integritas yang wilayah yang bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

" Tugas dan fungsi SPI sekarang tidak hanya sebagai membenarkan dan menyalahkan, tapi lebih kepada pendampingan. Apa sih yang dibutuhkan lembaga atau unit di kampus, SPI akan bekerja sama dan menjadi pendamping agar tercapai visi dan misi yang telah ditetapkan, dan harapannya menjadi lebih baik, "ungkap Dekky

 

Sebagai informasi pertemuan ini dilakukan di gedung rektorat, UIN Raden Fatah Palembang, dengan di hadiri personil SPI IAIN SAS Babel dan UIN Raden Fatah Palembang.

SPI UIN Raden Fatah Palembang memiliki 12 personil, terdiri dari kepala, sekretaris, auditor 4 orang, publikasi, remunerasi, tenaga IT, maturity rating serta sakip dan IKU. (*)