delegasi UIN Gus Dur saat lakukan penjajakan kerjasam dengan Kanasawa University, Jepang

delegasi UIN Gus Dur saat lakukan penjajakan kerjasam dengan Kanasawa University, Jepang

Kanazawa (Pendis) - Dalam rangka memperkuat kerja sama internasional, delegasi Universitas Islam Negeri  K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) melakukan kunjungan ke Kanazawa University, Jepang pada Senin, (31/10/2023).

Delegasi UIN Gus Dur Pekalongan diantaranya; Rektor UIN Gus Dur, Zaenal Mustakim, Kepala Pusat Layanan Internasional, Isriani Hardini, dan Kepala Pusat Pengembangan Bisnis, Ayatullah Sadali. Sementara dari pihak Kanazawa University dihadiri oleh Wakil Presiden bidang Kerjasama Internasional, Megumi Shimura, Penasihat Presiden, Hidehiko Adachi, dan Departemen Internasional, Kazuko Kawano.

Pertemuan diawali dengan penayangan video profil Kanazawa University yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari pihak UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Dalam pertemuan tersebut diringi dengan dialog antara delegasi dari UIN Gus Dur dengan Kanazawa University terkait dengan penjajakan kerja sama internasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan adanya inisiasi kerja sama antara dua universitas diharapkan dapat memajukan pendidikan dan penelitian, serta meningkatkan pemahaman budaya dan konektivitas global serta untuk mendapatkan wawasan.

Dari pertemuan ini, Zaenal selaku Rektor UIN Gus Dur menyampaikan akan mengirimkan dosen dan pegawai untuk melanjutkan studi pada Program Magister atau Doktor. “Program lanjut studi ke Kanazawa University ini bisa dengan skema Beasiswa Indonesia Bangkit LPDP dan Kementerian Agama RI,” ungkap Zaenal.

Sementara itu Megumi Shimura menyampaikan jumlah mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Kanazawa University adalah kedua terbesar setelah China. Beliau menyampaikan ada beberapa fasilitas untuk mahasiswa internasional seperti musholla dan asrama mahasiswa.

Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah akan dilakukan dengan penandatanganan MoU antara UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan Kanazawa University yang diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan Januari atau Februari 2024. Selanjutnya pertemuan ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dari kedua universitas.