Rapat persiapan AICIS tahun 2024.

Rapat persiapan AICIS tahun 2024.

Bintaro (Pendis) --- Kementerian Agama RI melalui Ditjen Pendidikan Islam tengah mempersiapkan agenda kegiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) tahun 2024. Kegiatan AICIS ini rutin dilaksanakan oleh Ditjen Pendidikan Islam tiap tahunnya.

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan tersebut, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Ditjen Pendidikan Islam tengah mengadakan pertemuan tatap muka yang membahas segala hal terkait persiapan AICIS 2024 di Bintaro, Tangerang Selatan (02/11/2023). Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Thobib Al Asyhar.

Terpisah, Direktur PTKI Ahmad Zainul Hamdi menyampaikan, ”Kegiatan AICIS tahun 2024 bukan lagi merupakan tanggung jawab kegiatan Sub Direktorat. Namun Direktur menginginkan bahwa kegiatan AICIS dimasa mendatang merupakan kegiatan yang tanggung jawabnya dilaksanakan penuh oleh Direktorat (Setingkat Eselon II), yangmana pelaksana dan penanggung jawab dari kegiatan tersebut merupakan unit Sub Direktorat di lingkungan Direktorat PTKI secara bergantian.” Dan AICIS 2024 mendatang akan dijalankan pelaksanaanya oleh Subdit Kelembagaan dan Kerjasama, kata Zainul Hamdi melalui komunikasi daring zoom.

”Dalam pengamatan saya, setiap persiapan AICIS tiap tahunnya tidak terlepas dari berbagai macam dinamika dan perbedaan frekuensi pemikiran satu dengan yang lainnya”, sambung Thobib. Disampaikan juga kedepannya, Direktur PTKI Zainul Hamdi menginginkan bahwa AICIS ini akan dilembagakan. Yangmana AICIS akan menjadi sebuah lembaga confrence yang nantinya akan lebih kuat dan pelaksanaannya tidak secara parsial, namun secara kelembagaan.

Bahkan di tahun 2024, Zainul Hamdi manrgetkan bahwa AICIS sudah terlembagakan dengan baik dan pelaksanaan AICIS 2024 sudah tersinergi dengan kampus-kampus di wilayah ASEAN. Khususnya bekerjasama dengan mitra-mitra dari Ditjen Pendidikan Islam, dijelaskan Thobib.

Kegiatan persiapan AICIS tahun 2024 ini membahas beberapa point penting seperti, tema kegiatan AICIS 2024, usulan tempet pelaksanaan, pembuatan mini proposal, design pelaksanaan AICIS 2024 dan penyusunan timeline kegiatan AICIS 2024.

AICIS 2024 direncanakan penyelenggaraannya pada bulan Februari 2024, sesaat sebelum pelaksanaan Pemilu 2024. Dan rencana lokasi pelaksanaan kegiatan disekitar Jawa Barat, Jawa Tengah atau Banten.