Peserta tingkat MTs dari Gorontalo

Peserta tingkat MTs dari Gorontalo

Jakarta (Pendis) – Event Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional tahun 2022 disemarakkan oleh ratusan siswa yang berasal dari sabang sampai merauke. Semangat dan antusiasme para peserta KSM dalam kompetisi ini bisa dirasakan langsung di area Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede, Jakarta Timur. 
Beragam batik bercorak khas daerah masing-masing mewarnai lokasi kompetisi.
Diantaranya adalah 3 peserta kategori Madrasah Tsanawiyah (MTs) dari Gorontalo. Dewanti Deu, peserta lomba mapel IPS Terpadu Terintegrasi asal MTs Alhkhairaat Paguyaman mengatakan bahwa orang tuanya merasa sangat bahagia saat mengetahui dirinya lolos ke tingkat nasional. Dia mengatakan bahwa dari madrasah pun ikut mendukung penuh kancahnya pada level nasional ini.

“Saya sangat berharap, teman-teman atau adik kelas saya juga ada yang ikut KSM tingkat nasional juga” harapnya.

Selain Dewanti, Siswi MTs Alkhairaat Salilama juga mengatakan bahwa dirinya ingin menjadi bagian yang membanggakan bagi keluarga dan madrasahnya. Dia yang mengikuti lomba mapel Matematika Terintegrasi itu mengatakan KSM membawanya lebih dekat dengan cita-citanya untuk menjadi dokter.

“Saya sangat senang bisa bertemu dengan kawan-kawan dari berbagai daerah. Bisa bekerja sama dan dekat dengan kawan dari Gorontalo hingga disini saya bertemu kawan dari seluruh Indonesia” ungkapnya di Jakarta pada Rabu, (12/10/2022).

Sedangkan siswi MTs Alkhairaat Kwandang, Alya Shafira Ismail mengatakan dirinya sangat excited bahkan jauh sebelum dia dipastikan maju ke tingkat nasional. Ia mengatakan orang tua nya sangat mendukung Alya untuk mendapatkan juara dan mendapatkan pengalaman terbaik di masa MTs nya. Dia yang bercita-cita menjadi dokter ini sangat terkesan dengan pengalamannya di KSM 2022 ini.

“Tentu saya akan mengingat momen ini hingga saya dewasa. KSM ini menjadi bekal saya dan membuat saya makin mantap dengan cita-cita saya” ungkapnya.

Salah satu pendamping dari Provinsi Gorontalo, Rahmiyaty, memuji fasilitas yang disiapkan peserta KSM nasional tahun ini.
“Saya merasa panitia sangat penuh persiapan. Dengan fasilitas yang kita terima, sudah sangat nyaman dan memadai untuk anak-anak peserta dan kami sebagai pendamping. Untuk Pendamping, saya harap nanti kami bisa mendampingi anak-anak dengan dibiayai oleh Kanwil” katanya.