Peserta PWN PTK XVI Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Peserta PWN PTK XVI Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Gorontalo (Pendis) – Peserta kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI di Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai melakukan beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa binaan.  

“Ada beberapa desa binaan yang dijadikan tempat untuk melaksanakan kegiatan pengabdian, yaitu Desa Daenaa, Desa Pentadio, Desa Tilihua, dan Desa Botubarani. ”ujar Kasi Kemahasiswaan pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Amiruddin Kuba di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo, Kamis (25/05/2023).

Di desa binaan ini, peserta melakukan berbagai kegiatan pengabdian, sebagai ajang pembelajaran dan merupakan kesempatan bagi peserta untuk menebarkan kemanfaatan yang nyata serta mengenal budaya setempat dengan memberikan pengabdian kepada masyarakat sekitar, tambah Amiruddin.

Menurutnya, kegiatan pengabdian yang telah dilakukan  para peserta berupa bakti non fisik, meliputi Pramuka Mengajar SDN 1 Pentadio, SDN 16 Limboto Barat, SDN 21 Limboto, SDN 10 Dungaliyo, pemberian Susu Penanganan Stunting dan Gizo Buruk di Desa Pentadio Barat, Desa Daenaa, Kelurahan Tilihuwa, Desa Dungaliyo, penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN 16 Pentadio, SDN 17 Limboto Barat, SDN 25 Limboto, SMPN 2 Dungaliyo dan pembagian Al Quran di Desa Pentadio Barat, Desa Daenaa, Kelurahan Tilihuwa, Desa Dungaliyo.

Selain itu, ada juga kegiatan pengabdian yang dilakukan peserta Perkemahan beripa bedah rumah ibadah, bersih-bersih rumah ibadah, gerakan mencuci alat solat, pembagian sembako, pembuatan pojok baca, penanaman bambu kuning, penanaman pohon  dan pembuatan bak sampah, tambah Amiruddin.

“Tentunya kita juga berterimakasih kepada masyarat setempat atas sambutan baiknya kepada peserta Perkemahan. Masyarakat bahu membahu memfasilitasi kegiatan, menyiapkan tempat pertemuan dan homestay baik sebagai basecamp kegiatan maupun sebagai tempat tidur bagi peserta,”pungkasnya.