Praktik Penyiaran, Mahasiswa KPI IAIN SAS Babel Kunjungi SQ Radio Pangkalpinang

Praktik Penyiaran, Mahasiswa KPI IAIN SAS Babel Kunjungi SQ Radio Pangkalpinang

Bangka (Pendis)-- Sedikitnya 19 Mahasiswa peserta mata kuliah Teknik Produksi Siaran Radio Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik, Kamis Pagi 04/5/2023 berkunjung ke SQ Radio di Kelurahan Rawa Bangun Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang untuk melakukan praktek siaran dan pengenalan proses siaran radio.

Safril, M.Sos selaku Dosen KPI yang mengampu mata kuliah tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar kunjungan saja, ia berharap dengan adanya kunjungan ke SQ Radio ini dapat memberikan ilmu baru untuk mahasiswa/i Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam terkhusus mahasiswa/i semester 6. Pada kunjungan ini mahasiswa KPI belajar untuk mengenal peralatan yang digunakan dalam memproduksi siaran radio sekaligus belajar praktik siaran yang di dampingi oleh salah satu penyiar SQ radio yaitu Suni Nabila.

Antony yang juga merupakan salah satu penyiar SQ Radio ikut memberikan menjelaskan tentang peralatan yang digunakan dalam proses produksi siaran radio, seperti audio mixer, komputer produksi, pemancar frekuensi, dan tiang pemancar frekuensi siaran yang kemudian dilanjutkan dengan praktik siaran radio.

Mahasiswa KPI pada kunjungan ini ikut dilibatkan sebagai narasumber pada program Bincang - Bincang Menginspirasi yang terbagi menjadi empat sesi dengan topik; sesi pertama “Bagaimana aktivitas perkuliahan di Program Studi KPI?”, sesi kedua “Bagaimana kuliah sambil berorganisasi?”, sesi ketiga “Apa saja beasiswa yang bisa didapat di Program Studi KPI?” dan sesi keempat “Bagaimana Kuliah sambil Bekerja?”. Setelah praktik siaran radio kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Haminuddin selaku Ketua kelas, mewakili teman-teman lainnya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Safril dan juga staf dari SQ Radio karena telah memberikan kesempatan yang luar biasa sehingga mereka bisa berkunjung sekaligus belajar di SQ Radio. Kunjungan ini diharapkan banyak menambah ilmu dan wawasan baru terlebih memahami media Radio di era digital saat ini.

Harapannya mahasiswa program studi KPI IAIN SAS Bangka Belitung dapat menguasai tentang teknik penyiaran radio ketika terjun ke dunia kerja nantinya, Ujar Haminuddin.
 


Tags: # uin # IAIN