Rektor IAIN Langsa Bersama Kontingen PWN PTKN XVI Tahun 2023 di Gorontalo.

Rektor IAIN Langsa Bersama Kontingen PWN PTKN XVI Tahun 2023 di Gorontalo.

Gorontalo (Pendis) -- Kontingen Gerakan Pramuka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Gugus Depan 05.33-05.34 turut serta mensukseskan upacara pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI tahun 2023 yang berlangsung 22-27 Mei 2023 di Bumi perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Pada perhelatan nasional itu, kontingen IAIN Langsa mendapatkan penghargaan untuk menjadi petugas pada upacara pembukaan. Adapun yang bertindak sebagai petugas yaitu Pembina Pendamping Putra Syahrial sebagai perwira upacara dan Pemangku Adat Putri, Putri Rahayu didapuk sebagai penerima penyematan tanda peserta yang disematkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Upacara pembukaan yang dihadiri pejabat Kementerian Agama, Pj. Gubernur Gorontalo beserta Forkopimda berlangsung khidmat dan meriah. Pembukaan PWN XVI ditandai dengan pemukulan alat musik tradisonal Gorontalo Palo-Palo oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Kwarnas Budi Waseso, dan Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. 

Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Dr. H. Basri, MA mengatakan, pihaknya mengirimkan sebanyak 13 peserta untuk mengikuti PWN PTK XVI tahun 2023.

"13 peserta terdiri dari 1 Pimpinan Kontingen, 2 Pembina Pendamping dan 10 peserta,"ujar Rektor.


Rektor meminta agar kontingen IAIN Langsa dapat memberikan penampilan yang terbaik dan mengikuti kegiatan dengan maksimal. Rektor juga berharap agar para peserta mampu berkarya dan menggali ilmu ditengah - tengah masyarakat serta dapat mengembangkan keterampilan.

"Peserta PWN akan menginap bersama masyakat, tidak hanya melakukan kerja bakti tapi yang paling penting dapat mengambil pelajaran dan pengalaman bersama masyarakat,"imbuh Rektor.


Ka Kwarnas menyampaikan harapannya semoga kegiatan PWN PTK XVI tahun 2023 di Gorontalo tetap menerapkan protokol kesehatan seperti biasanya, demi kesehatan bersama.

Lebih lanjut, Budi Waseso juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan ini, kepada Kementerian Agama, panitia penyelenggara,  pihak kampus peserta, para mahasiswa yang ikut berpartisipasi, termasuk kepada para orang tua atas izinnya mengikuti perkemahan pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini membuka gelaran Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) XVI tahun 2023. Kegiatan yang diikuti 1.200 Pramuka dari Perguruan Tinggi Keagaman Negeri (PTKN) ini digelar di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Limboto, Provinsi Gorontalo.

​​​​​​​
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan PWN XVI harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman. 

Apalagi, lanjut Menag, tema besar yang diusung pada PWN kali ini bertajuk “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.”  “Ini sebuah tema yang cukup menantang sekaligus membutuhkan pembuktian segenap insan Pramuka PTKN. Saudara harus bisa adaptif, inovatif, dan kreatif untuk merawat keberagaman dan perdamaian,” pesan Menag. (piki/syah)