Tingkatkan Kompetensi, Program Studi HKI Gelar Pendidikan dan Kemahiran Hukum

Tingkatkan Kompetensi, Program Studi HKI Gelar Pendidikan dan Kemahiran Hukum

Bangka,(Pendis). Sebanyak 42 mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (HKI-FSEI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melaksanakan Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) yang mengusung tema “Peningkatan Skill Kompetensi Mahasiswa dalam Bidang Kemahiran Hukum”. Bertempat di Gedung Pascasarjana IAIN SAS Babel, Rabu 7/6/2023.

Pelatihan kali ini FSEI-HKI  menghadirkan Pemateri yang sudah berpengalaman dibidangnya seperti: Muhamad Syarif selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, Toni selaku Dosen dan Mediator non Hakim Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Renilda selaku Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan Divisi Pembinaan Anggota Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Indosesia, dan pemateri terakhir ada Jhohan Adhi Ferdian selaku legal consultan F3-J.A. Ferdian & Partnership Lawfirm-Ketua DPW HKHPI Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Wakil Ketua Umum 2 DPN HKHPI Bidang Koordinator Wilayah.

Ketua Panitia pelaksana Reski Anwar menyampaikan Tujuan diadakan kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan untuk menelisik lebih jauh antara das sein dan das sollen apa yang sudah dipelajari dan bagaimana praktik seharusnya hukum itu. Dan juga untuk mengasah, memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang hal-hal yang bersifat praktik di bidang hukum guna menjawab permasalahan yang terjadi pada masyarakat saat ini.

Ia mengatakan pemahaman masyarakat terhadap hukum menjadikan budaya hukum kita tidak sehat, ada yang bilang hukum mudah dibeli hukum sudah tak tegak lagi. Disinilah peran penting kaum mahasiswa untuk memberikan nutrisi suplemen tentang pengetahuan hukum kepada masyarakat agar pemahaman masyarakat tidak sesat.

Selanjutnya Memberikan keterampilan praktis atau skill dalam bidang hukum kepada mahasiswa agar mahir dan mumpuni di bidang hukum guna menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat saat ini. menjadi tanggungjawab bersama untuk memberikan pemahaman kepada khalayak ramai. Untuk itu mahasiswa/i semua selamat dan fokuslah dalam mengikuti kegiatan ini, “pungkasnya.

Adapun acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Dr. H. Iskandar, M.Hum. dalam sambutannya dekan menyampaikan Era kekinian identik dengan era multi talenta.

Menghadapi era kekinian, FSEI berusaha berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing diluar kampus. Untuk mendukung ikhtiar tersebut, FSEI senantiasa menghadirkan ide dan program serta kegiatan yang bervariasi, sesuai dengan kebutuhan zaman. Salah satunya melalui kegiatan Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH). “terangnya.

Acara PLKH ini Dekan FSEI didampingi oleh Wakil Dekan I Rahmat Ilyas., Wakil Dekan II Hendra Cipta Ketua Porgram Studi Hukum Keluarga Islam Alwan Sobari Sekretaris Porgam Studi Tauratiya dan para Dosen serta civitas Akademika Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.