PSGA UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Bahas Self Protection Pelecehan Seksual di Era Digital

PSGA UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Bahas Self Protection Pelecehan Seksual di Era Digital

Banda Aceh (Pendis) --- Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry bersama Dharma Wanita Persatuan (DPW) UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar kegiatan Seminar Nasional di Aula Teater LP2M UIN Ar-Raniry Banda Aceh (10/10/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Self Protection terhadap intimidasi dan pelecehan seksual di Era Gadget” di ikuti 85 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dekan Fakultas Psikologi Dr Muslim Zainuddin MSi mewakili Rektor UIN Ar-Raniry, Ketua DPW UIN Ar-Raniry Sofiatuddin Syah, SE., Ak., Wakil Ketua I Siti Sarah SPdI MPd, 
Ketua PSGA Dr Nashriah Zakaria dan Pengurus DWP fakultas se-lingkungan UIN Ar-Raniry.

Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, Dr Muslim Zainuddin MSi mewakili Rektor UIN Ar-Raniry dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar tersebut sangat penting untuk dipahami bersama, karena penguatan mental dan emosional merupakan aspek penting dalam membangun self protection dan pelecehan seksual di era digital.

“Seminar ini menjadi salah satu yang sangat penting untuk dipahami bersama, penguatan mental dan emosional merupakan aspek penting dalam membangun self protection terhadap intimidasi dan pelecehan seksual di era digital ini, termasuk dalam mengatasi stres,” ujar Dr Muslim.

Sementara itu, Ketua PSGA Dr Nashriah Zakaria menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk mengedukasi dan memberi wawasan tentang dunia digital serta efek negatif yang ditimbulkan dan bagaimana cara melindungi diri dari efek negatif tersebut khususnya terkait kekerasan dan pelecehan seksual.

“Seminar ini dimaksudkan untuk mengedukasi dan memberi wawasan kepada mahasiswa dan dosen tentang dunia digital serta efek negatif yang ditimbulkan dan bagaimana cara melindungi diri dari efek negatif tersebut khususnya terkait kekerasan dan pelecehan seksual,” ujarnya.

Kegiatan seminar tersebut diisi dengan sesi diskusi yang disampaikan oleh tiga pemateri yaitu pertama Muhammad Iqbal PhD Psikolog dan Founder Rumah Konseling, kedua Ummu Jihad Rafiqa Majid Konselor Keluarga Muslim, pendiri KOBAR dan Muslimah Berilmu, dan ketiga Dr Ade Irma BHSc MA Dosen Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dan juga Direktur Ar-Raniry TV. []


Tags: # #PSGA