PSGA UIN AR-RANIRY Lakukan Penyuluhan Anti Bullying di Pesantren Abu Lam U

PSGA UIN AR-RANIRY Lakukan Penyuluhan Anti Bullying di Pesantren Abu Lam U

Banda Aceh (Pendis) --- Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Ar-Raniry melaksanakan pengabdian serta education seminar ke Pesantren Al-Falah Abu Lam U, Lamjampok, Aceh Besar, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan ini dalam rangka memberikan penyuluhan sejak dini kepada para pelajar untuk mengantisipasi perilaku bullying di lingkungan sekolah, serta untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang masalah bullying.

Pengabdian yang dilakukan dalam bentuk Education Seminar tentang Anti Bulliying melibatkan Dr Nashriyah yang didampingi oleh tim yang beranggotakan empat dosen lainnya serta satu staf, yaitu Dr Khairiah Syahabuddin, Dr Zubaidah, Dr Zalikha, Dr Nurbayani dan Sarvika SPdI.

Kehadiran rombongan dari PSGA UIN Ar-Raniry diterima dengan sangat baik oleh Pimpinan Pesantren, Muhammad Fajri, Kepala SMA Islam Al-Falah, Nurhayati, Kepala SMP Al-Falah, Masyitah, dan sejumlah ustaz/ustazah.

Dalam sambutannya pimpinan Pesantren Al-Falah Abu Lam U, Muhammad Fajri menyambut baik acara pengabdian serta education seminar Anti Bullying yang disampaikan oleh Ketua PSGA UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ia berharap agar para santriwan dan santriwati memahami dengan baik ciri-ciri bullying dan cara mengatasinya agar tantangan-tantangan terkait bullying dapat dikurangi dan sebaik baiknya dihilangkan di Pesantren Al-Falah Abu Lam U.

Sementara itu, Ketua PSGA UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Nashriyah dalam pemaparan materinya menjelaskan mengenai arti, jenis dan bentuk dari bullying serta dampak bagi korban maupun pelaku bullying serta solusinya.

Dalam waktu bersamaan perwakilan PSGA UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Khairunnisa dan Dr Cut Nyak Dhein juga turut mendampingi PKK Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh untuk memberi pendampingan pembuatan sabun mandi dari minyak jenlatah sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan sebelumnya. 
 


Tags: # Gender