Puluhan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dibekali Otomasi Perpustakaan

Puluhan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dibekali Otomasi Perpustakaan

Banda Aceh (Pendis) --- Sebanyak 96 mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatih dan dibekali pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS di ruang kuliah fakultas tersebut, Sabtu (24/6/2023).

Pelatihan yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun 2023 menghadirkan narasumber sekaligus instruktur dari Aceh Library Consultant (ALC) dan PD Ikatan Pustakawan Indonesia Aceh masing-masing, Arkin, Wandi Syahputra, Zulfiqri, M Zulkifli, Farial Mirza, Muhammad Anshar dan Munz Zahar.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Mukhtaruddin menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan sistem otomasi perpustakaan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 23-25 Juni 2023.

"Kegiatan pembekalan dan pelatihan otomasi perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk mahasiswa yang akan melaksanakan magang di sejumlah perpustakaan sebagai upaya untuk membekali mereka tentang pemanfaatan teknologi dalam mengelola perpustakaan," kata Mukhtaruddin dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/6/2023).

Selain pelatihan sistem otomasi perpustakaan, mereka juga dibekali berbagai keterampilan teknis seperti kegiatan pengolahan bahan pustaka. "Mereka akan melaksanakan magang selama dua bulan di sejumlah perpustakaan di Aceh dan juga di luar provinsi Aceh terhitung mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 11 September 2023 mendatang", ungkap Mukhtar.