PBAK IAIN SAS Bangka Belitung Resmi Dibuka oleh Senat

PBAK IAIN SAS Bangka Belitung Resmi Dibuka oleh Senat

Bangka,(Pendis).  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung menggelar Sidang Senat Terbuka  dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) di Gedung Serba Guna (GSG) IAIN SAS Bangka Belitung yang berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 21-24 Agustus 2023 , Senin (21/08/2023).

Dalam Sidang senat terbuka PBAK, hadir juga Ketua Senat Dr. Zayadi,M.Ag, Sekretaris dan Anggota Senat,  para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, Dosen, serta Tenaga Kependidikan,Sema dan Dema IAIN SAS Bangka Belitung

Kegiatan PBAK pada tahun ini mengambil tema “ Mewujudkan Mahasiswa IAIN SAS Babel Menjadi Insan Ulil Albab Dengan Semangat  Kebhinnekaan dalam Bingkai Moderasi Bergama ”, Sebanyak 801 Mahasiswa Baru (Maba),  yang hadir sebanyak 794 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 IAIN SAS Bangka Belitung mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK).

Wakil Rektor III Muh Misdar dalam sambutannya mengatakan bahwa Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) adalah kegiatan untuk memperkenalkan tentang dunia perkuliahan yang akan dijalani oleh para mahasiswa.

“Mereka nantinya akan dibekali wawasan tentang sistem akademik, kemahasiswaan dan perkuliahan, serta memperkenalkan lingkungan kampus yang memiliki ciri dan cara khusus dalam pengelolaannya.” Tuturnya.

Ia mengatakan dalam laporannya menyebutkan bahwa pelaksanaan PBAK tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama, Nomor: B-732.1/DJ.I/07/2023 Oleh karena itu, kegiatan PBAK harus dibuka dan ditutup dengan Rapat Senat Akademik ," kata Misdar

Rektor IAIN SAS Babel Irawan  mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di IAIN SAS Bangka Belitung kepada Mahasiswa baru mengingatkan mahasiswa baru IAIN SAS Babel bahwa dengan menyandang status mahasiswa, mereka kini memulai sebuah perjalanan baru, sebuah perjalanan akademik yang akan ditempuh melalui serangkaian pembelajaran di kampus IAIN SAS Babel.

Rektor berharap kepada para peserta PBAK untuk mengikuti kegiatan dengan fokus dan semangat agar mengenal kampus dengan baik para mahasiswa baru untuk menjaga kesehatan selama mengikuti PBAK sebagai bekal awal sebelum memasuki dunia perkuliahan, selain itu selama empat hari ke depan akan mendapatkan informasi tentang kemahasiswaan dan IAIN SAS Babel dengan segala aspek-aspek pendukungnya, terang Rektor.

Selanjutnya "Kunci sukes dari seorang Mahasiswa itu adalah selesai dengan tepat waktu dan berprestasi, dengan begitu kalian akan mencapai kesuksesan di masa yang akan datang. Maka dari itu Mahasiswa baru harus perhatikan nilai akademiknya, ikuti aturan yang berlaku, " tegas Irawan

Setelah sambutan, dilaksanakan prosesi pembukaan PBAK IAIN SAS Babel 2023 oleh Rektor IAIN SAS Babel Penyematan  Jas Almater dan kartu tanda peserta PBAK 2023 kepada perwakilan peserta.

Setelah acara Pembukaan PBAK, Rektor  memberikan Penghargaan kepada peraih medali emas di ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTKI) II di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dan pada ajang kompetisi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara yang berlangsung di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 25-29 Juli 2023 lalu.(*)