Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani.

Jakarta (Pendis) -- Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan Islam tingkat nasional. Sebanyak 1.635 pejabat struktural, pejabat fungsional, dan pelaksana bidang pendidikan madrasah dari tingkat pusat hingga Kabupaten/Kota turut serta dalam kegiatan tersebut.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani, menyampaikan tujuan utama pelatihan ini. "Pelatihan ini diselenggarakan untuk memperkuat kompetensi SDM Kementerian Agama dalam membina madrasah, dengan fokus pada perencanaan dan penganggaran pendidikan berbasis kinerja melalui Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan prinsip-prinsip good governance," ujar Ramdhani.

Lebih lanjut, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM Kementerian Agama dalam mengembangkan, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil Asesmen Kompetensi Siswa. Tujuan lainnya adalah memperkuat kompetensi SDM Kementerian Agama RI dalam menyusun strategi pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan secara berkesinambungan.

Dalam konteks Reformasi Pendidikan, Ramdhani menegaskan, "Adanya pelatihan ini juga bertujuan untuk memperkuat kompetensi SDM Kementerian Agama dalam pemutakhiran data pokok madrasah dan pengamanan serta pemanfaatannya untuk kepentingan manajemen madrasah serta sebagai modal bagi SDM Pendidikan Islam dalam melanjutkan program-program yang telah diinisiasi oleh Proyek REP MEQR."

Sejumlah kegiatan pelatihan untuk guru dan tenaga kependidikan di madrasah telah berlangsung dengan sukses, merupakan upaya nyata dalam mendukung Reformasi Pendidikan yang digulirkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI.