PBAK IAIN Parepare.

PBAK IAIN Parepare.

Parepare (Pendis) -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengukuhkan para mahasiswa baru untuk tahun akademik 2023/2024 dalam acara rapat senat terbuka PBAK yang meriah di gedung auditorium, Selasa, (29/08/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan, dosen, staf akademik, dan mahasiswa baru serta Ketua Lakpesdan PBNU, KH. Ulil Abshar Abdalla, sebagai Keynote Speaker.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare, Hannani, menyambut mahasiswa baru dengan antusias. Hannani menyampaikan "7 Kunci Keberhasilan" yang perlu dimiliki oleh mahasiswa sebelum memasuki perjalanan perkuliahan mereka.

Pertama, Hannani mendorong mahasiswa untuk menjunjung tinggi sifat religiusitas. "Sebagai muslim, penting untuk mengamalkan ibadah dan mencerminkan karakter yang sesuai dengan ajaran agama kita. Jangan sampai kegiatan organisasi mengalahkan ibadah," pesan Hannani. Kedua, rektor menekankan pentingnya kreativitas dalam menghadapi berbagai tantangan. "Semakin banyak tantangan, semakin dibutuhkan kreativitas mahasiswa untuk mengatasinya," ungkapnya.

Ketiga, Hannani menyarankan agar mahasiswa selalu bertanggung jawab atas tindakan pribadi dan dampaknya pada masyarakat. Keempat, ia menekankan kemampuan komunikasi yang efektif melalui kebiasaan membaca. "Komunikasi yang baik dimulai dengan literasi yang kuat," tegas Hannani.

Kelima, toleransi adalah kunci. Hannani menekankan pentingnya menghormati perbedaan budaya dan agama serta berpikiran terbuka terhadap keberagaman. Keenam, mahasiswa diajak untuk memiliki semangat kebangsaan dan cinta pada tanah air. Terakhir, disiplin adalah kunci utama untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dan meraih prestasi.

Rektor berharap mahasiswa baru akan menginternalisasi karakteristik ini dalam perjalanan perkuliahan mereka agar menjadi individu berkualitas dan berintegritas. Acara pengukuhan mahasiswa baru ini ditandai dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru dan diakhiri dengan orasi ilmiah oleh KH. Ulil Abshar Abdalla, Ketua Lakpesdam PBNU. 

Gus Ulil menekankan pentingnya memiliki pemahaman yang luas dalam menanggapi isu-isu sosial dan kemasyarakatan terkini, dengan memperluas wawasan ilmiah yang tidak terbatas pada satu bidang pengetahuan saja.
Selain pengukuhan, acara ini juga mencakup Pelatihan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang berlangsung dari tanggal 28-31 Agustus 2023. (Haramain/Piki)