Rektor IAIN SAS Babel Lepas Kontingen Pramuka PWN - PTK Ke- XVI Gorontalo

Rektor IAIN SAS Babel Lepas Kontingen Pramuka PWN - PTK Ke- XVI Gorontalo

Bangka (Pendis)-- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Dr. Irawan, M.S.I melepas kontingen Racana Tuan Guru Sapat dan Salma Amnati Gugus Depan 04.041-04.042 untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) ke-XVI di IAIN Gorontalo.  Kegiatan pelepasan kontingen bertempat di depan PTSP IAIN SAS Babel Jumat, 19 Mei 2023.

Perkemahan yang berlangsung pada 22 sampai 27 Mei 2023 mendatang, diikuti oleh 8 peserta dari IAIN SAS Babel, yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri, serta tiga pembina pendamping.

PWN PTK XVI Tahun 2023 mengusung tema Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama dan sub tema Peran Pramuka dalam Penguatan Moderasi Beragama untuk Mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s) dengan slogan Berbakti untuk Keberagaman dan Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan.

Dalam sambutannya Rektor IAIN SAS Babel Dr. Irawan, M.S.I  menyampaikan, kami mengucapkan selamat kepada adik-adikku semuanya, serta kepada pembina yang akan mengawal kontingen Pramuka. Kehadiran kalian bukan hanya sebagai Wakil IAIN SAS Babel, tetapi juga sebagai duta Masyarakat Bangka Belitung yang akan membawa nama baik, citra, dan kebanggaan IAIN SAS Babel dalam Event Pekan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan ke XVI di Gorontalo," imbuhnya.

Ia mengatakan, melalui PWN kaum intelektual yang berasal dari seluruh PTK Se-Indonesia saling kenal dan mengenal satu dengan lainnya, sehingga akan terbangun kesadaran kolektif dan komitmen bersama untuk menjaga NKRI. PTK seluruh Indonesia dapat mengenalkan keunggulan - keunggulan yang dimiliki secara akademik serta memamerkan potensi wisata dan budaya yang ada di masing - masing daerah, termasuk memperkenalkan keindahan wisata, budaya, adat-istiadat, dan kuliner Bangka Belitung, ujarnya.

"Dengan demikian, PWN sesungguhnya merupakan suatu upaya Kemenag dalam rangka merawat persatuan dan kesatuan di tengah kemajemukan Nusantara”. Mahasiswa yang mewakili kontingen IAIN SAS Babel sebelumnya dibekali dengan berbagai persiapan, di antaranya kompetensi akademik dan keunggulan daerah. IAIN SAS Babel siap berkompetisi secara profesional dalam PWN XVI di Gorontalo.  Acara dilanjutkan dengan penyematan jaket peserta dan foto bersama.

Penulis: Ayaknan