Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Bersama Beberapa Rektor PTKIN

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Bersama Beberapa Rektor PTKIN

Jakarta (Pendis) - Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Marjoni Imamaora, sangat serius mempersiapkan dan mendukung transformasi digitalisasi data perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas pelayanan mahasiswa dan masyarakat, hal ini ditunjukkannya dengan menghadiri langsung kegiatan Persiapan Integrasi Sistim Akademik (SIAKAD) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Se-Indonesia selama 5 hari Senin-Jumat (30/10-03/11/2023) di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nizar Ali, dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya transformasi digital di lingkungan Kementerian Agama dalam upaya untuk meningkatkan  pelayanan kepada masyarakat sehingga bisa menjadi lebih efektif, efisien dan transparansi. Transformasi digital merupakan salah satu diantara 7 Program Prioritas Kemenag RI.

Selanjutnya Nizar menegaskan “pertemuan ini sangat penting untuk penyamaan persepsi dalam rangka mewujudkan action nyata transformasi digital serta langkah-langkah konkrit untuk mengimplementasikan integrasi sistem informasi akademik yang lebih baik dilingkungan Kementerian Agama” ujarnya.

Hadir mewakili UIN Mahmud Yunus Batusangkar secara penuh dan full tim dalam kegiatan ini Rektor, Marjoni Imamora, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan,, Eficandra, dan Kepala TIPD Syamsul Bahri dan Fungsional Pranata Komputer, Putra Lanova. 

“Kehadiran tim ini sebagai wujud UIN Mahmud Yunus Batusangkar untuk membangun dan mendukung upaya integrasi sistem informasi akademik yang terintegrasi secara nasional yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kepuasan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat kampus”, ujar Rektor.

Menurut Marjoni, kualitas layanan kepada masyarakat sangat ditentukan oleh seberapa cepat dan akurat data yang dibutuhkan bisa disajikan kepada penggunanya, layanan tersebut juga harus luas, nyaman, mudah, murah yang disebut dengan layanan berbasis citizen centric.
 

Sebagai lembaga pendidikan tingggi UIN Mahmud Yunus Batusangkar senantiasa terus Mengembangkan infrastruktur dan tatakelola teknologi informasi dan pangkalan data perguruan tinggi, “kita sangat siap dan sangat mendukung” upaya strategis Kemenag RI untuk mewujudkan penerapan SIAKAD yang terintegrasi dan terkoneksi dengan seluruh PTKN se-Indonesia, semoga bisa segera terwujud, harapnya. 

Dihadapan seluruh peserta yang dihadiri oleh tim dari  PTKN Se-Indonesia, Wakil Rektor II bersama Kepala TIPD UIN Batusangkar berkesempatan untuk mempresentasikan Blueprint IT dan penerapan Teknologi Informasi e-campus di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, dalam pemaparan tersebut dijelaskan tentang detil arsitektur aplikasi SIAKAD menggunakan teknologi cloud server, proses bisnis, dan interoperabilitas data yang bisa dimanfaatkan utk multi aktifitas / kegiatan kampus, mulai dari sistem penerimaan mahasiswa baru, perkuliahan  sampai mahaiswa diwisuda bahkan sampai mereka aktif menjadi alumni.

Hasil review secara keseluruhan dari rangkaian kegiatan ini akan dihimpun oleh Tim Biro Humas Data dan Informasi untuk diajukan ke Menteri Agama RI sebagai bahan decission support system bagi pengembangan transformasi digitalisasi data SIAKAD yang terintegrasi di Indonesia.

Selain mengundang para Para Pimpinan Perguruan Tinggi Keamaan Islam di Indonesia, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber professional dari kementerian lain, yaitu KemenPANRB, Kemenkominfo dan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), para narasumber mengupas materi tentang tentang kecerdasan buatan (AI), Gov. 4.0, SPBE, reformasi birokrasi, transformasi digital, dll