Rektor UIN Suska Tegaskan Tidak Ada Pemecatan UAS

Rektor UIN Suska Tegaskan Tidak Ada Pemecatan UAS

Pekanbaru (Pendis) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Akhmad Mujahidin menegaskan bahwa Ustadz Abdul Somad (UAS) tidak dipecat sebagai dosen. Akhmad menegaskan bahwa UAS adalah aset yang sangat berharga di UIN.

"Kita tidak memecat beliau. UAS adalah aset berharga kampus kita," ucap Akhmad, Selasa (70/05) di Pekanbaru, Riau.

Ia membantah adanya surat pemberhentian UAS dari dosen berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara) dan benar adanya surat dari Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN) mengenai sikap UAS yang melakukan pertemuan dengan Calon Presiden (Capres) Prabawo Subianto pada 11 April 2019 yang videonya tersebar dan viral.

"Surat yang beredar itu merupakan surat dari KASN meminta klarifikasi ke UIN Suska sehubungan dengan maraknya rekaman video melalui saluran youtube terkait dialog antara Capres 02 dengan UAS, dan pertemuan tersebut dinilai sebagai keberpihakan pada Capres tertentu," terangnya. "KASN memintakan klarifikasi karena status UAS sebagai ASN serta adanya asas netralitas," lanjut Akhmad.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa dosen setenar dan secerdas seperti UAS merupakan aset tidak ternilai bagi UIN Suksa. Pihak universitas tentunya akan mempertahankan dosen yang saat ini mengajar tafsir dan hadist.

"Kita bangga miliki tenaga pengajar seperti UAS. Dia aset kita bahkan aset bangsa. Selain terkenal di Indonesia, dia tenar di berbagai negara, termasuk negara jiran kita, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam," pungkasnya. (hikmah/dod)


Tags: