Pelaksanaan Pelatihan Guru dan Tendik Daerah 3T

Pelaksanaan Pelatihan Guru dan Tendik Daerah 3T

Pontianak (Pendis) - Pelatihan Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) Madrasah 3T di dua pekan terakhir ini menjangkau wilayah 3T di propinsi Papua dan Kalimantan Barat. 

Pada penyelenggaraan pelatihan di Papua tanggal 11 s.d. 15 September 2023 ini dihadirkan 100 peserta yang terdiri dari para laboran madrasah, pustakawan, kepala madrasah dan guru madrasah. Begitu halnya di Pontianak yang berlangsung sejak tanggal 18 s.d. 23 September 2023. Peserta terlihat antusias mengikuti setiap tahapan demi tahapan pelatihan. 

Dalam pelatihan ini, bagi peserta kategori guru dibekali pengenalan kurikulum merdeka, penguatan materi profesional dan bagaimana memilih penggunaan metode pembelajaran. Sedang bagi pustakawan dilatih bagaimana mengelola koleksi buku perpustakaan, mendesain display buku, dan membuat katalog online melalui aplikasi open source. 

Sedangkan peserta kategori kepala madrasah dibekali penguatan manajemen, kepemimpinan pembelajaran, keterampilan supervisi dan teknik fasilitasi. Sedangkan kategori laboran dibekali materi perawatan peralatan laboratorium, inovasi laboran dan memanfaatkan laboratorium "raksasa" di sekitar madrasah.

Di dalam kegiatan ini pula semua peserta diberi perspektif menghadapi tantangan masa depan dan perkembangan teknologi informasi yang sangat dinamis. Para pendidik diharapkan memiliki energi baru pasca pelatihan ini.

"Guru diharapkan tetap bersemangat untuk berkreasi dan berinovasi pasca pelatihan ini," kata Anis Masykhur, Kasubdit Bina GTK MA/MAK, pada saat memberikan materi pelatihan. 

Anis juga menyampaikan apresiasi kepada para guru madrasah di wilayah 3T yang tetap komitmen dan istiqamah dalam mendarmabaktikan dirinya untuk pendidikan Islam. "Tidak banyak yang bisa bertahan dengan kondisi wilayah 3T. Maka anda adalah guru yang keren," kata Anis memberikan apresiasi.

Perlu diketahui bahwa target pelatihan untuk Guru dan Tenaga Kependidikan di 3T ini ditargetkan menjangkau 3000 guru. Pelatihan di Pontianak adalah pelatihan tahap akhir di tahun 2023, dan akan ditambah beberapa program di tahun yang akan datang. (n15)


Tags: # 3T # GTK