Tim Robotik MTsN 1 Kota Makassar pada MRC 2022.

Tim Robotik MTsN 1 Kota Makassar pada MRC 2022.

Yogyakarta (Pendis) -  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Makassar kembali mengikuti Madrasah Robotic Competition (MRC) tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 22-23 November 2022 di Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta, DIY. 

Madrasah yang terletak di jantung kota Makassar ini memilih robotik sebagai minat dan bakat karena di era otomasi, teknologi terutama robotik akan memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan, dengan adanya minat dan bakat ini dirasa mampu memberi arah bagi santri untuk merelevansikan dan mengkoneksikan era kekinian agar dapat mewujudkan generasi Indonesia yang berkualitas. 

Maka tak heran, MTsN 1 Kota Makassar mendulang banyak prestasi, khususnya yang berkaitan dengan robotik. Daffa Khifayah Nasrulla dan Ananda Suci Muliani misalnya, kedua pelajar ini sudah mematangkan persiapan guna mengikuti MRC tahun 2022 dalam kategori Robot Inovasi. 

Lahir dari keresahan berupa maraknya transaksi jual-beli online yang mengharuskan penerima memberikan perhatian khusus hanya untuk sekedar menerima paket, yang menyebabkan terganggunya aktivitas.

Selain itu, banyaknya kurir yang mengeluh sebab harus mengembalikan paket ke kantor apabila konsumen sedang tidak berada di rumah. Maka, MTsN 1 Kota Makassar menemukan inovasi dan menciptakan Robot Penerima Paket. 

“Atas dasar keresahan itu, maka kami menciptakan robot yang dapat membantu konsumen untuk menerima pesanan paket COD ataupun Non COD saat konsumen sedang tidak berada di rumah. Selain itu, dengan robot ini juga bisa mencegah terjadinya kesalahan pengiriman paket, serta meminimalisir penyebaran virus,” ujar Suci.

"Robot Penerima Paket ini akan memberikan kemudahan baik bagi konsumen maupun kurir, dan mengefisienkan metode pembayaran COD terhadap kurir yang kerapkali dikeluhkan selama ini," tambah Daffa. 

“Tentunya sangat bangga dapat berpartisipasi hingga lolos ke 30 besar tingkat nasional. Semoga MRC tahun 2022 ini dapat berjalan lancar dan sukses. Mari meningkatkan kreativitas bersama dalam hal robotika untuk menyongsong era industry society 5.0,” tutur Asyikin selaku pembina tim Robotik MTsN 1 Kota Makassar. 

MTsN 1 Kota Makassar siap menampilkan yang terbaik sehingga nantinya mampu mendapatkan hasil yang terbaik  pula. 

“MTsN 1 Kota Makassar, Juara! Dari madrasah untuk dunia,” pungkas Daffa. 


Tags: # MRC 2022