Sebanyak 3.900 Mahasiswa Baru Angkatan 2022 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti Placement Test Al-Qur'an

Sebanyak 3.900 Mahasiswa Baru Angkatan 2022 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti Placement Test Al-Qur'an

Banda Aceh (Pendis) -- Sebanyak 3.900 Mahasiswa Baru Angkatan 2022 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti Placement Test Al-Qur'an. Ujian tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari, mulai tanggal 29 Agustus sampai dengan 1 September 2022 yang dilaksanakan di Mushalla Ma'had Al-Jami'ah kampus tersebut.

Kepala UPT. Ma’had Al-Jamiah, Nurchalis Sofyan menjelaskan bahwa kegiatan Ujian placement test Alquran merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi dan tercatat sebagai mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Tahun Akademik 2022/2023.

“Semua mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti Placement Test pada jadwal dan sesi yang sudah diumumkan, hasil placement test nantinya akan menentukan penempatan program pembinaan ma'had yang harus diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan kemampuan membaca Al-Quran,”kata Nurchalis Sofyan dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022) di Banda Aceh.

 Lebih lanjut, Nurchalis menjelaskan bahwa mahasiswa baru akan dites kelancaran membaca Al-Qur'an sesuai dengan ilmu tajwid selama tujuh hingga sepuluh menit per-orang pada surat atau ayat yang sudah ditentukan oleh penguji.

Kegiatan tes Al-Qur'an ini untuk pertama kalinya kembali dilaksanakan secara tatap muka atau luar jaringan setelah selama dua tahun sebelumnya harus dilaksanakan secara online karena terkendala Pandemi Covid-19.

"Mahasiswa baru cukup antusias untuk mengikuti kegiatan ini, karena untuk pertama kalinya kembali kita laksanakan secara tatap muka,"kata dosen tetap Prodi Bahasa dan Sastra Arab FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh tersebut.

Untuk Pengumuman hasil tes akan diinformasikan melalui akun resmi instagram ma'had (mahad_arraniry) dan laman website ma'had (mahad.ar-raniry.ac.id) setelah selesai semua jadwal dan sesi tes.