Pelaksanaan Seleksi Kandidat Penghargaan Guru dan Pengawas PAI

Pelaksanaan Seleksi Kandidat Penghargaan Guru dan Pengawas PAI

Tangerang (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) menyelenggarakan seleksi calon penerima penghargaan bagi guru dan pengawas PAI dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023. Dalam peringatan HGN tahun ini, Direktorat PAI akan memberikan penghargaan bagi guru PAI (GPAI) dan pengawas PAI dengan kategori guru berprestasi dan kategori guru berdedikasi dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan pengawas. 

Direktur PAI, Amrullah mengawali arahannya menyampaikan bahwa di tengah padatnya jadwal pelaksanaan program yang dimiliki oleh Direktorat PAI, ada waktu yang bisa disisihkan untuk melaksanakan seleksi berkas kandidat penerima penghargaan HGN. "Hal itu sangat penting dilakukan karena dapat menjadi suatu kebanggaan bagi guru atau pengawas yang nanti akan menerima penghargaan," ujar Amrullah di Tangerang Banteng pada Sabtu (18/11/2023).

Amrullah mengatakan bahwa lebih dari 400 orang guru dan pengawas PAI mengirimkan berkas pendukungnya untuk diseleksi. Dalam waktu yang sangat singkat, Amrullah berharap berkas tersebut dikoreksi dan diperiksa satu demi satu. Seluruh tim seleksi dari jenjang masing-masing diharapkan bekerja dengan cepat dan teliti sehingga tidak ada sedikitpun data dukung guru dan pengawas yang terlewat.

"Tentulah itu bukan hal yang sangat mudah dan sangat membutuhkan konsentrasi dan energi yang baik," ungkapnya.

Direktur berharap penghargaan dan apresiasi HGN ini mampu memberikan semangat, rasa bangga dan menambah kreatifitas guru dan pengawas PAI di masa depan. Tidak hanya mengajar dan mendidik saja, para guru diharapkan mampu memberikan sumbangsih dan dedikasinya bagi lingkungan dimana mereka tinggal dan tentu saja di sekolah mereka mengajar dan memiliki keterampilan dalam dunia digital yang saat ini sedang menjadi trend dalam lingkup pendidikan.  

Adapun kriteria dan kategori yang sebelumnya sudah dipersyaratkan, diharapkan dapat ditentukan dengan cepat, sehingga informasinya dapat diterima pula dengan cepat oleh para penerima penghargaan sehingga persiapan penyelenggaraan HGN tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana. 

Amrullah berpesan kepada tim seleksi, agar menjadikan kegiatan seleksi ini sebagai usaha untuk membahagiakan orang lain, sehingga efeknya positif dan memberikan kemajuan untuk Direktorat PAI.

Menanggapi arahan Direktur PAI, Kasubbag TU, Sholla Taufiq optimis bahwa kegiatan seleksi data dukung peringatan HGN ini dapat diselesaikan tepat waktu dan segera mendapatkan hasil positif dari seleksi tersebut. Subbag TU siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan seleksi ini, tentunya tugas berat ini akan lebih mudah dan cepat dilaksanakan dengan bantuan rekan-rekan para Kasubdit, PTP dan staff di Direktorat PAI yang terlibat dalam persiapan HGN.

Kegiatan ini melibatkan seluruh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) di lingkungan Direktorat PAI dan didampingi oleh Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP) dari masing-masing Subdit dan Kasubbag Tata Usaha untuk menyeleksi dan menerima berkas dari guru dan pengawas PAI yang mendapat rekomendasi sebagai penerima penghargaan.