Sambut Mahasiswa Baru, UIII Gelar Academic Convocation 2023

Sambut Mahasiswa Baru, UIII Gelar Academic Convocation 2023

Depok (Pendis)--Perkuliahan di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat resmi dimulai pada Senin (25/9). Perkuliahanya ditandai dengan pelaksanaan Academic Convocation yang dihadiri mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Rektor UIII Prof Komaruddin Hidayat menyambut mahasiswa pascasarjana baru UIII. "Selamat datang di komunitas akademik para pemikir, para pemimpi, yang berkomitmen melakukan sesuatu yang berdampak positif pada dunia. Selamat datang di kampus, mengejar pengetahuan yang tanpa batas," demikian dikatakannya Ketika menyampaikan sambutannya dalam bahasa Inggris.  

"Islam tidak  hanya mempelajari Al Quran dan Hadis. Kehidupan dunia Islam juga menyangkut kesehatan, ekonomi, bisnis dan juga pendidikan. Mahasiswa kita mulai mendapat pendidikan tentang kesehatan dengan dasar agama. Jangan hanya pikir soal fiqih, tafsir, di Al Azhar juga tidak hanya belajar agama, melainkan juga ilmu-ilmu yang dapat meningkatkan harkat manusia," ucap  Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden yang juga Ketua Majelis Wali Amanat UIII mengenai alasan UIII yang berencana  mendirikan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) usai seremoni Academic Convocation di Kampus UIII, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Senin (25/9/2023).

JK juga mengatakan bahwa dengan suasana  kampus UIII yang Islam wasathiyah (moderat), dengan standar pembelajaran yang tinggi, para mahasiswa hingga dosennya pun ada yang dari luar negeri seperti dari Al Azhar Mesir, Harvard University AS dan dari Inggris.

Wakil Rektor UIII bidang Akademik, Dr Bahrul Hayat menambahkan, tahun ajaran baru yang dimulai akhir September 2023 ini, UII menerima pelamar mahasiswa pascasarjana dari 63 negara.

"Sebanyak 95 orang diterima berasal dari 43 negara. Pelamar ada 60 persen dari luar negeri, yang kami terima (jadi) 45 persen," tutur Bahrul. Mulai tahun 2023 ini juga berjalan program double degree UIII dengan Universitas Edinburgh Inggris. Ada 14 mahasiswa yang sedang mengikuti program ini, pungkasnya.


Tags: # UIII