Calon Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Calon Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Batusangkar (Pendis) - Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar tahun ini kembali membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru. Secara umum untuk jenjang doctoral, Magister, Sarjana dan Diploma III terdiri dari 8 jalur masuk ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Beberapa dari jalur ini dikelola dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) seperti Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Jalur Mandiri yang dikelola langsung oleh UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Sementara itu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada jalur seleksi ini terbagi dua seleksi yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Wilayah Barat).

Pada tahun 2024 ini, UIN Mahmud Yunus Batusangkar menyiapkan 39 program studi yaitu 31 program studi untuk jenjang Sarjana (S1) 1 Diploma III dan 6 program studi magister (S2) serta 1 program studi doctoral (S3). Dari jumlah prodi, beberapa di antaranya sudah terAkreditasi Unggul dan A.

UIN Mahmud Yunus Batusangkar juga menyiapkan beberapa beasiswa buat mahasiswa baru seperti. Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Tahfizh Qur’an, Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, Beasiswa UPZ UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa PT. Rajawali, Beasiswa Bank Nagari Syariah, Beasiswa Bank Syariah Indonesia (BSI), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dan Beasiswa Riset Baznas Nasional.

Menyambut calon mahasiswa tahun 2024, Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc menyampaikan bahwa UIN Mahmud Yunus Batusangkar membuka peluang sebesar-besarnya bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Berikut ini beberapa jalur Penerimaan Mahasiswa Baru untuk program Sarjana (S1), Magister (S2), doctoral (S3) dan Diploma III yang ada di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

1. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) adalah seleksi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Proses seleksinya yaitu melalui rapor dan prestasi siswa.

2. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional oleh semua Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). dilaksanakan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

3. Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada jalur seleksi ini terbagi dua seleksi yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) seleksi ini akan berfokus pada pemberian penghargaan tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah. Seleksi ini menggunakan rapor dan prestasi siswa sebagai dasar penilaiannya dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) seleksi ini dilaksanakan dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

4. Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Wilayah Barat). merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

5. Jalur Mandiri Afirmasi Sains Islam, jalur ini merupakan seleksi masuk Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar untuk memberi apresiasi bagi calon mahasiswa yang memilih Program Studi Fisika, Kimia, Matematika, Pemikiran Politik Islam (PPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa). Masuk jalur ini tidak dikenakan biaya pendaftaran.

6. Jalur Mandiri Prestasi, jalur ini merupakan seleksi mandiri jalur masuk Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi Akademik/Non Akademik (Juara 1, 2 dan 3 Bidang Keagamaan, Akademik, Olahraga, Seni, Multitalenta) mulai tingkat Kabupaten/kota, Propinsi, Nasional serta Internasional. calon mahasiswa tidak dikenakan biaya pendaftaran.

7. Jalur mandiri reguler, merupakan jalur mandiri yang diselenggarakan secara mandiri oleh UIN Mahmud Yunus Batusangkar dalam bentuk ujian tulis berbasis computer.
8. Seleksi mandiri Pascasarjana (S.2 & S.3) merupakan jalur mandiri yang diselenggarakan secara mandiri oleh Pascasarajana UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran, calon mahasiswa dapat mengunjungi situs web resmi di https://pmb.uinmybatusangkar.ac.id/