Kontingen dan Official Karya Ilmiah

Kontingen dan Official Karya Ilmiah

Jakarta (Pendis) - Lomba sosial keagamaan OASE II 2023 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebuah kompetisi dalam bentuk karya ilmiah terkait penemuan hasil penelitian atau analisis dalam bidang sosial keagamaan yang dihubungkan dengan tema utama OASE PTKI II 2023.

Babak final dilaksanakan secara luring pada tanggal 14-16 Juni 2023 di Student Center UIN Jakarta. Finalis mempersiapkan poster ukuran A1 untuk disertakan dalam expo karya inovasi dan presentasi ditempat yang terpisah.

Wakil Menteri Agama RI, KH. Zainut Tauhid Sa'adi buka Expo Produk Karya Inovasi OASE PTKI II 2023 di Gedung Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Rabu siang (14/06/2023). Pembukaan Expo Produk Karya Inovasi OASE ini dilaksanakan tepat setelah Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas membuka secara resmi Olimpiade Agama, Seni dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) II Se-Indonesia.

Karya inovasi bidang sosial keagamaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dinamakan SAWIRA.ID (Disabilitas Berwirausaha). Karya ilmiah dari Naufal Lisanul Haq dan Meylani ini merupakan sebuah inovasi platform pembelajaran kewirausahaan yang ditujukan khusus bagi penyandang disabilitas di era society 5.0.

Dalam presentasinya, Meylani menyampaikan bahwa SAWIRA ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial dimana penyandang disabilitas memiliki bakat namun tidak mempunyai wadah untuk menyalurkannya, bahkan banyak ditemukan penyandang disabilitas yang kesehariannya kurang produktif.

Naufal menambahkan, tujuan dari Aplikasi SAWIRA ini tidak hanya berisi tentang pembelajaran kewirausahaan, melainkan juga memberikan kesempatan untuk berwirausaha secara langsung, mendapatkan bantuan dan memperluas relasi, serta saling berbagi cerita dan memberikan semangat untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang merata di era society 5.0.

Dengan tagline Mandiri dan Berdaya, Aplikasi SAWIRA memiliki beberapa fitur utama, yaitu Kelas Wirausaha, Kolaborani, Toko DIS-WARA dan Keep Fighting. Fitur kelas wirausaha memfasilitasi pemberian materi kewirausahaan dalam bentuk video, infografis, dll. Fitur Kolaborasi memfasilitasi kerjasama dengan pihak eksternal untuk pendanaan, pendampingan maupun peminjaman alat produksi. Fitur toko DIS-WARA berfungsi sebagai toko belanja online untuk memasarkan produk hasil penyandang disabilitas. Sedangkan fitur Keep Fighting untuk saling bertukar cerita, keluh kesah dan memberikan motivasi dan mencari solusi ketika membutuhkan saran.