Kepala Bidang PAI, Abudin tengah memberikan arahan kepada penguji seleksi Pelatih Daerah PPKB GPAI

Kepala Bidang PAI, Abudin tengah memberikan arahan kepada penguji seleksi Pelatih Daerah PPKB GPAI

Bandung (Pendis) – Sebanyak 1.004 guru dan pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti seleksi Pelatih Daerah (PD) Program pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru PAI. Seleksi yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Barat  Bidang PAI ini dilakukan dengan dua tahapan seleksi yaitu Computer Based Test (CBT) dan wawancara yang diilakukan secara daring pada tanggal 4 s.d. 6 Oktober 2022.

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam, Abudin menegaskan tugas penguji tidak mudah, seleksi pelatih daerah ini harus berdasarkan objektifitas dalam penilaian.

“Tugas ini tidak ringan, Bapak Ibu penguji harus menilai secara obyektif. Hilangkan subyektifitas barangkali ada peserta yang dikenal apalagi saudara dan teman,” tegas Abudin saat memberikan arahan dalam rekrutmen pelatih, Rabu (5/10/2022)

Abudin menambahkan hasil seleksi ini harus meluluskan guru PAI yang berkompeten dan bertanggung jawab terhadap tugasnya sebagai Pelatih Daerah, sehingga pelaksanaan seleksi harus obyektif.

“Kami ingin mempunyai pelatih daerah yang betul-betul bisa melaksanakan tugas untuk peningkatan mutu mata pelajaran PAI di Jawa Barat, Jadi kalau diawali dengan sekarang bapak ibu penguji tidak obyektif maka ini sayang sekali.” tambahnya.

Abuddin mengingatkan perlu adanya antisipasi dari tim pelaksana seleksi terhadap kendala teknis pelaksanaan CBT dan wawancara. Menurutnya, penggunaan teknologi berbasis daring yang digunakan dalam seleksi saat ini pasti ada permasalahan sehingga perlu diantisipasi agar pelaksanaan seleksi tetap berjalan.

Abudin berharap, kebutuhan Pelatih Daerah nantinya dapat terpenuhi di setiap kabupaten kota secara merata sehingga Pelatih Provinsi berperan dalam mendampingi Pelatih Daerah.

“Kami bermimpi idealnya setiap Kabupaten Kota terwakili, karena tugas bapak ibu Pelatih Provinsi nantinya akan membimbing para Pelatih Daerah, maka seleksi ini adalah awal penentuan pelatih daerah,” pungkasnya.

Seksi Sistem Informasi PAI Bidang Pendidikan Agama Islam, Tayubi menjabarkan jumlah peserta yang mengikuti seleksi PD PPKB GPAI sebanyak 1.004 orang terbagi di 27 Kabupaten Kota, Provinsi Jawa Barat. Peserta terbanyak tingkat Kabupaten berasal dari Kabupaten Bogor sebanyak 71 orang dan paling rendah dari Kabupaten Kuningan sebanyak 15 orang, sedangkan pada tingkat Kota berasal dari Kota Banjar sebanyak 41 orang dan terendah dari Kota Depok sebanyak 18 orang.