Sekda Jateng saat memberikan obor kepada peserta kirab

Sekda Jateng saat memberikan obor kepada peserta kirab

Semarang (Pendis) - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Soemarmo melepas peserta kirab obor Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX. Setelah bermalam di Pondok Pesantren Al-Mas'udiyah Blater, peserta kirab lalu dilepas untuk menuju ke Surakarta.

Soemarmo menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar Pondok Pesantren Al-Mas'udiyah Blater yang telah bersedia menjadi tempat persinggahan peserta kirab obor Pospenas IX dan menyukseskan penyelenggaraan ini dengan baik.

"Saya sangat berterimakasih atas kesediaan keluarga besar Pondok Pesantren Al-Mas'udiyah Blater dan berhasil menggelar kegiatan ini dengan baik," ungkap Soemarmo di Semarang, Selasa (22/11/2022).

Pospenas IX kali ini, kata Soemarmo, memiliki tema dan semboyan yang sangat menarik. Dari dulu hingga sekarang peran pesantren untuk Indonesi sangat luar biasa. Salah satu dengan mewujudkan  visi misi Indonesia yaitu menciptakan SDM yang unggul.

"Pesantren berperan mencerdaskan bangsa yang merupakan visi misi Indonesia," katanya.

Menurutnya, peran ini menjadi solusi rayonisasi pendidikan yang ada di daerahnya. 

"Adanya pondok pesantren ini, menjadi solusi dalam rayonisasi pendidikan," tukasnya.
 
Selanjutnya, pesantren juga berperan menciptakan enterpreneur baru. Alumni pesantren tidak mencari kerjaan tapi menciptakan pekerjaan untuk orang lain. Terakhir, pesantren menjadi tonggak persatuan dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Senada dengan Sekda, Bupati Semarang, Ngesti Nugraha juga mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada para pimpinan yang telah membawa kirab obor.  

"Terimakasih secara khusus kepada KH. Faturohim Mas'ud dan keluarga besar yang telah menerima tamu di pondoknya," ungkap beliau.

Ngesti berharap peaksanaan Pospenas ini, menjadi ajang silaturahim nasional antar santri dan pondok pesantren.

"Semoga bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Direktur PD Pontren, Sekda Provinsi Jateng, Kabiro Kesra Provinsi  Jateng, Kabid PD Pontren Kantor wilayah Jateng, Bupati Semarang, Forkopimda Kabupaten Semarang dan para Pimpinan Pondok Pesantren Al Mas'udiyah.