Sekolah Perintis UN Online Bakal Dapat Bantuan Fasilitas

Sekolah Perintis UN Online Bakal Dapat Bantuan Fasilitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mempersiapkan uji coba Ujian Nasional (UN) Computer Based Test (CBT) di ratusan sekolah yang menjadi perintis UN online tahun ini. Salah satu langkah persiapan itu dengan memberikan bantuan fasilitas kepada sekolah-sekolah itu.

Dia mengatakan Kemendikbud ters mengatasi kendala yang ada seperti kurangnya fasilitas, seperti komputer, kemampuan server, jaringan teknisi dan sebagainya. "Alhamdulillah, hingga saat ini persiapan berjalan terus dan semakin banyak sekolah yang ingin menjadi perintis UN CBT," ujar Kepala Pusat Pelayanan Pendidikan (Puspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Nizam, kepada ROL , Rabu (11/2).

Kemendikbud bantu melengkapi fasilitas pendukung UN CBT kepada sekolah yang menjadi perintis UN online itu. Selain itu, kata ia, Kemendikbud juga tengah memilah kendala mana saja yang dapat diatasi bersama. Dan, yang belum bisa teratasi tidak diikutkan dulu dalam pilot project tahun ini.

Terkait jumlah sekolah yang menjadi rintisan UN CBT ini, Nizam menyebutkan, jumlahnya tidak mencapai 862. Lagi pula, hingga saat ini angkanya masih belum final.


Tags: